Breaking News:

Renungan Harian

Renungan Harian: Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati perjuangan para pahlawannya." Itu antara lain ungkapan Bung Karno (Presiden pertama RI).

WWW.THOUGHTCO.COM
Renungan 

Pnt Jackried Maluenseng
RHK Senin, 27 April 2020

Jasmerah

_*Ester 6:2*_

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati perjuangan para pahlawannya." Itu antara lain ungkapan Bung Karno (Presiden pertama RI). Karena itu dia mengatakan "Jasmerah" ( jangan sekali-kali melupakan sejarah).

Raja Ahasyweros adalah pemimpin besar. Dia sangat berkuasa. Titah atau perkataannya adalah undang-undang bagi kerajaannya. Yang menarik, ternyata dia adalah orang yang tidak melupakan sejarah. Dia sangat menghormati sejarah.

Apa saja yang terjadi dalam kerajaannya, bukan sekedar diingat sebagai kenangan, tapi dicatatnya dalam kitab (buku) pencatatan sejarah. Termasuk kisah kepahlawanan dan loyalitas Mordekhai.

Demikian firman Tuhan hari ini.
_*Dan di situ didapati suatu catatan tentang Mordekhai, yang pernah memberitahukan bahwa Bigtan dan Teresh, dua orang sida-sida raja yang termasuk golongan penjaga pintu, telah berikhtiar membunuh raja Ahasyweros.* (ay 2)_

Bagi Ahasyweros, sejarah bukan sekedar catatan. Pelaku sejarah, tidak dilupakannya. Dia sangat menghormati sejarah dan menghargai para pelaku sejarah yang menjadi pahlawan bagi kerajaannya.

Dia adalah sosok pemimpin "Jasmerah." Ini dia buktikan setelah mendengar para sidanya membaca kitab pencatatan sejarah tentang apa yang dilakukan oleh Mordekhai.

Mordekhai telah menyelamatkan raja juga kerajaannya dari pengkhianatan dan persekongkolan jahat 2 sida penjaga pintu kerajaan, yakni Bigtan dan Teresh. Mereka berencana membunuh raja.

Halaman
123
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved