Tips Sehat

Tanda-tanda Kamu Kekurangan Zat Besi, Sariawan Termasuk di Antaranya

Penting untuk mendeteksi gejala kekurangan zat besi sejak dini. Menemukan kondisi pada tahap awal dapat membantu menghindari masalah kesehatan

Kompas.com
Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Biasanya orang mengalami kekurangan zat besi, karena kadar mineral yang sangat rendah di dalam tubuh.

Ini bisa terjadi karena pola makan yang buruk, menstruasi yang berat pada wanita, atau masalah kesehatan yang lebih serius, seperti pendarahan di lambung dan usus.

Tubuh membutuhkan zat besi untuk aliran sel darah merah yang tepat. Mineral tersebut membantu menghasilkan hemoglobin, protein dalam darah yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tetapi anemia bukan satu-satunya kondisi yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Jika tidak diobati, kekurangan zat besi juga dapat meningkatkan risiko infeksi dan komplikasi pada jantung, paru-paru, dan kehamilan.

Deteksi kekurangan zat besi

Penting untuk mendeteksi gejala kekurangan zat besi sejak dini. Menemukan kondisi pada tahap awal dapat membantu menghindari masalah kesehatan dan menyediakan akses ke lebih banyak pilihan perawatan.

Salah satu cara untuk menentukan kekurangan zat besi adalah dengan memeriksa perubahan di dalam atau sekitar mulut. Para peneliti mengidentifikasi empat tanda di lidah dan tiga di luar mulut.

Orang dengan kekurangan zat besi, kondisi lidahnya terlihat bengkak, sakit, dan pucat. Dalam beberapa kasus, bahkan terasa halus.

Perubahan ini terjadi karena kadar hemoglobin dan mioglobin yang rendah dalam darah, yang disebabkan oleh asupan zat besi yang buruk.

Selain dari lidah, melihat area di sekitar mulut juga dapat membantu mendeteksi kekurangan zat besi sejak dini.

Halaman
12
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved