News Analysis

Robert Winerungan: Restrukturisasi Selamatkan Bank dan Pelaku Usaha

Kebijakan relakasai kredit ini sangat berguna untuk meringankan beban bank, bagi dunia usaha termasuk UMKM dan perusahaan pembiayaan

ISTIMEWA
Dr Robert Winerungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam menghadapi Pandemi covid-19 pemerintah pada 24 Maret 2010 yang baru lalu mengeluarkan sembilan kebijakan.

Salah satu di antaranya ialah pemberian restrukturisasi kredit yang terdiri dari penurunan suku bunga, penangguhan cicilan hingga penjadwalan ulang.

Kebijakan ini diambil karena pemerintah sudah berpikir akan ada manimbukan dampak sistematis bagi bank akibat Covid-19 yang berlangsung tiba-tiba.

Latar belakangnya, di masa pandemi Covid-19 ini terjadi penurunan permintaan khususnya konsumsi.

Sementara itu akibat dari kebijakan social distancing banyak usaha terpukul seperti perhubungan termasuk transportasi darat, hotel dan restoran dan pariwisata sangat terpukul.

Apa akibatnya? Cicilan kredit usaha dari usaha-usaha ini akan macet dan NPL akan menjadi tinggi.

Jika NPL membesar likuiditas perbankan akan melemah dan bisa terjadi rush.

Kebijakan relakasai kredit ini sangat berguna untuk meringankan beban bank, bagi dunia usaha termasuk UMKM dan perusahaan pembiayaan.

Prinsipnya suka cita dinikmati bersama antara perbankan dan perusahaan pembiayaan dengan dunia usaha, duka cita pun di masa pandemic covid-19 ini harus juga dirasakan bersama.

Sekalipun bank dan perusahaan tidak akan bisa meraup profit yang optimal karena terkendala debitur sedang mengalami gangguan usaha namun demikian bantuan bunga akan ditanggung pemerintah yang sudah menganggarkan di APBN.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved