Info Kesehatan

Ternyata Kadar Asam Urat yang Terlalu Rendah Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Penyebabnya

Perlu diketahui bahwa asam urat adalah bahan kimia yang diproduksi dan diekskresikan secara alami oleh tubuh setiap orang.

Editor:
Tribun Jabar
Penyakit Asam Urat dan Rematik 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kadar asam urat yang terlalu tinggi adalah salah satu kondisi yang ingin dihindari oleh kebanyakan orang.

Namun, saat ini mungkin jarang orang yang tahu kalau kadar asam urat yang terlalu rendah juga sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Perlu diketahui bahwa asam urat adalah bahan kimia yang diproduksi langusung dan diekskresikan secara alami oleh tubuh setiap orang.

Sementara kadar asam urat dalam darah yang tinggi sering terjadi dan dapat menyebabkan gejala nyeri sendir.

Kadar asam urat yang rendah biasanya jarang terjadi dan biasanya merupakan tanda kondisi kesehatan lain yang mendasarinya.

Dokter Anda dapat memeriksa jumlah asam urat dalam tubuh Anda dengan melakukan tes darah sederhana.

Ilustrasi: 3 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Asam Urat, Ahmad Dhani Pernah Meminum Salah Satunya dan Sembuh
Ilustrasi: 3 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Asam Urat, Ahmad Dhani Pernah Meminum Salah Satunya dan Sembuh (Thinkstock)

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah mengenai kadar asam urat dalam darah Anda, cari perawatan tambahan dari penyedia medis Anda.

Kadar asam urat dalam darah normal dan sehat antara 3 dan 7 mg / dL, menurut MedlinePlus Medical Encyclopedia.

Jika kadar asam urat darah Anda turun di bawah kisaran ini, Anda mungkin mengalami hipourikemia, istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kadar asam urat darah yang sangat rendah.

Penyebab umum kadar asam urat yang lebih rendah dari normal adalah adanya tembaga menumpuk secara tidak normal di organ vital Anda.

Bisa juga disebabkan oleh suatu kondisi di mana ginjal Anda memungkinkan produk limbah tertentu untuk diserap kembali oleh aliran darah Anda masuk ke urin Anda dan keluar dari tubuh Anda.

Jika cairan tubuh Anda tidak mengandung cukup garam karena suatu kondisi yang disebut sindrom sekresi hormon antidiuretik atau SIADH yang tidak tepat, jumlah asam urat dalam darah Anda juga mungkin sangat rendah.

Selain itu, mengonsumsi makanan rendah purin, suatu zat yang diubah oleh tubuh Anda secara alami menjadi asam urat, juga dapat menyebabkan hipourikemia.

Jenis gejala yang mungkin Anda alami karena kadar asam urat yang rendah dapat bervariasi tergantung pada penyebab kondisi Anda.

Seringkali, kadar asam urat yang rendah tidak menyebabkan gejala yang nyata.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved