Breaking News:

Di Tengah Virus Corona, Ini Kata Alter Wowor

Alter Imanuel Wowor ikut memberikan tanggapannya. Dia pun menulis pesan penting yang disampaikannya kepada masyarkat.

Penulis: | Editor: Rhendi Umar
istimewa
Alter Imanuel Wowor 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wabah Virus Corona yang terjadi di Indonesia ikut membuat masyarakat resah dan cemas.

Alter Imanuel Wowor ikut memberikan tanggapannya. Dia pun menulis pesan penting yang disampaikannya kepada masyarkat.

Berikut selengkapnya: 

1. Corona virus disease 2019 yang familiar dipersingkat dengan istilah CoViD-19, merupakan penyakit yang tidak diinginkan oleh satu pun manusia di dunia ini. Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami atau terjangkit penyakit/virus ini. Sebagian besar mereka yang statusnya positif menderita penyakit ini tidak menyadari bagaimana dan kapan mereka bisa terpapar virus ini. Tidak ada yang mau terpapar atau mengalami penyakit ini dengan sengaja (secara sadar). Oleh sebab itulah, penderita penyakit ini TIDAK BOLEH DIANGGAP sebagai suatu AIB.

2. Wabah pandemi ini bisa dipastikan telah berhasil meresahkan semua manusia di dunia ini. Semua sektor kehidupan manusia merasakan atau mengalami dampaknya. Dampak dari serangan wabah ini membuat dinamika kehidupan manusia yang hidup di dunia ini semakin kompleks. Oleh sebab itulah, jangan menambah kompleksitas keadaan yang sudah kompleks ini dengan aksi atau tindakan yang tidak diperlukan.

Salah satunya, dan mungkin yang terpenting, adalah SALING MENYALAHKAN. Tidak ada yang benar dan salah dalam keadaan yang pelik ini. Semua manusia di masa krisis ini mengalami atau memasuki keadaan yang asing sama sekali. Kita semua memasuki keadaan baru yang belum pernah dialami atau dihadapi oleh generasi yang hidup di zaman ini. Kita semua tanpa diminta oleh siapapun telah masuk ke dalam keadaan yang disebut dengan “new normal.” Suatu keadaan yang mengondisikan manusia akan melakukan berbagai aktivitas, rutinitas, atau habit yang baru. New normal tentu saja memerlukan new perspective. Perspektif baru yang kita bangun dalam keadaan yang asing dan baru ini pasti akan menentukan dan mempengaruhi peradaban umat manusia pada konteks atau locus hidupnya masing-masing.

3. Keadaan yang kompleks saat ini, tidak perlu ditambah kompleksitasnya dengan menyebar berita palsu (hoax) yang menyesatkan dan mengutarakan ujaran kebencian kepada pihak yang lain. Keadaan ini sungguh TIDAK WAJAR UNTUK DIPOLITISASI. Nilai kemanusiaan harusnya mengatasi nilai-nilai yang lain saat ini.

Bonum commune atau common good (kebaikan bersama) harusnya menjadi orientasi bersama semua manusia saat ini. Menjadi egois atau individualis pada masa ini sungguh merupakan pilihan dan sikap yang memalukan serta tidak terpuji. Saatnya bergandengan tangan dan mainkan peran sesuai porsi atau domain masing-masing.

Jika kita memiliki berkat atau rezeki yang lebih, marilah donasikan sebagian dari apa yang kita punya untuk dibagikan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Namun, jika tidak bisa membantu dalam skala yang besar atau tidak bisa berdonasi, minimal bantulah diri kita masing-masing untuk tidak merugikan atau membahayakan (menjadi batu sandungan bagi) orang lain. Keadaan yang sukar ini bisa kita lewati dengan selamat jika kita bekerja sama.

4. Dunia ini dipenuhi oleh banyak orang baik. Apabila kita tidak menemui salah satunya, maka jadikanlah diri kita sebagai orang yang baik itu. Kejahatan dan keadaan yang memprihatinkan di dalam dunia ini bukan hanya disebabkan oleh karena adanya orang jahat atau sebab yang di luar kendali manusia, melainkan juga karena banyaknya orang baik yang hanya diam dan mendiamkan situasi yang pelik ini. Jadikanlah diri kita masing-masing untuk mau bergerak bagi mereka yang tidak mau dan tidak mampu untuk bergerak. Bersuara bagi mereka yang tidak mau dan tidak mampu bersuara. Menjadi berkat bagi mereka yang tidak mau dan tidak mampu menjadi berkat. Menjadi pahlawan bagi mereka yang tidak mau dan tidak mampu untuk menjadi pahlawan. Suatu waktu kebaikan yang kita lakukan bisa saja dilupakan, tapi teruslah berbuat baik. Ini bukan tentang siapa mereka, tetapi tentang siapa saya, siapa anda, dan siapa kita. Mari menjadi solusi dan jalan keluar, jangan menjadi penyebab masalah dan penambah masalah dalam situasi yang sukar ini. Ada pepatah bijak mengatakan bahwa “small acts, when multiplied by milions of people, can transform the world. Even a small act of kindness can make a big difference in someone’s world. No act of kindness, however small, is ever wasted.” Lakukanlah kebaikan walau hanya sekedar suatu aksi yang kecil. Berdoa dalam keheningan merupakan suatu aksi kecil yang bisa saja kita lakukan saat ini, sebab iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tidak akan pernah sia-sia. Izinkan saya menyampaikan sedikit saran untuk menjadi bahan pertimbangan bagi para pemangku kepentingan dan para penentu/pengambil kebijakan publik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved