Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Meminimalisasi Penyebaran Covid-19, Dinkes Boltim Tak Akan Keluarkan Surat Keterangan Kesehatan

Hingga saat ini baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus berupaya untuk meminimalisir penyebaran virus berbahaya tersebut

Tribun manado / Siti Nurjanah
Eko Marsidi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN – Wabah virus corona atau Covid-19 kian hari semakin mengkhawatirkan.

Hingga saat ini baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus berupaya untuk meminimalisasi penyebaran virus berbahaya tersebut.

Mulai dari pembatasan aktivitas hingga penutupan perbatasan pada masing-masing wilayah termasuk di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Terhitung sejak Kamis 9 April 2020 (kemarin) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui intruksi Bupati Boltim Sehan S Landjar menutup perbatasan wilayah Boltim 1x24 jam.

Doa Pemain Sulut United Beragama Nasrani di Jumat Agung: Covid-19 Segera Berakhir

Tak hanya penutupan perbatasan hingga pembatasan aktibitas masyarakat, guna meminimalisir penyebaran Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boltim Eko Marsidi mengatakan, Dinkes tidak akan mengeluarkan surat keterangan kesehatan kepada warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Kami tidak akan megeluarkan surat keterangan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar daerah Boltim,” jelasnya

Ia menambahkan, surat keterangan kesehatan hanya boleh diberikan kepada pasien.

Pemprov Pasok 20.400 Dus Masker dan 3.370 APD, Kumendong: Prioritas ke RS dan Pemda se-Sulut

“Itu pun harus dirawat dulu di Puskesmas kalau pasien ini sakitnya berat baru dirujuk,” jelasnya.

Bagi warga yang meminta surat keterangan sehat untuk keperluar perjalanan ke luar daerah boltim kami tidak akan diberikan.

“Puskesmas akan layani apabila yang bersangkutan membawa surat jalan dari Kepala Desa dalam surat tersebut menjelaskan ada urusan penting diluar daerah, kalau tidak penting kami tidak akan mengeluarkan surat keterangan. Tapi intinya tidak pemberian surat keterangan kesehatan bagi warga keluar daerah,” tegasnya.

Pemkot Manado Masih Memverifikasi Data yang Akan Mendapat Bantuan karena Dampak Covid-19

Pemakaman Pasien Covid-19 di Desa Wusa, Minahasa Utara, Warga Takut Keluar Rumah

Hal ini dilakukan mengingat semakin mewabahnya Covid-19 sekarang ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk menjaga penyebarannyan dengan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat keluar daerah.

“Pak Bupati pada setiap saat melakukan imbauan kepada masyarakat Boltim jangan melakukan perjalanan keluar daerah karena bahaya virus saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Dengan situasi saat kita sudah harus ketat melindungi diri orang lain dan diri kita sendiri,” ucapnya. (ana)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved