Update Virus Corona Sulut

Pemkab Bolmut Siapkan Anggaran Rp 19 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Dana tersebut diambil dari APBD sesuai dengan rapat pembahasan tim anggaran bersama Pak Bupati, terkait anggaran untuk penanganan covid-19 ini.

istimewa
Bupati Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena, dan Sekretaris Daerah Asripan Nani bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait, saat mengikuti Video Conference bersama Mendagri, bahas langkah antisipatif pencegahan Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyiapkan anggaran khusus untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Bolmut.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sirajudin Lasena mengatakan, ada sekira 19 Miliar anggaran telah disiapkan Pemkab Bolmut.

Dana tersebut diambil dari APBD sesuai dengan rapat pembahasan tim anggaran bersama Pak Bupati, terkait anggaran untuk penanganan covid-19 ini.

Dirinya mengatakan, anggaran itu nanti akan di alokasikan kepada sejumlah Perangkat Daerah terkait untuk di manfaatkan dalam upaya pencegahan covid-19.

"Itu dibagi dan dialokasikan diantarannya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disperindag, dan untuk ketahanan pangan daerah, itu semuanya sudah dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri," papar Lasena kepada Tribun Manado.

Dikatakannya, untuk masalah ketahanan pangan daerah, Kabupaten Bolmut masih terpenuhi. "Apalagi untuk stok beras, malahan kita baru panen raya, sehingga mengalami surplus, hanya pemerintah tetap mengantisipasi hal tersebut," sebut Lasena.

Untuk itu, kata Lasena, dalam anggaran tersebut ada total 10 Miliar untuk dana tak terduga, dimana dana ini disiapkan untuk mengantisipasi dampak dari covid-19 ini kedepan.

"Saat ini kita masih sementara integrasikan dan membahas proses pelaksanaanya seperti apa, sehingga penggunaan anggarannya bisa efektif dan efisien," jelas Lasena.

Ditambahkannya, untuk keseluruhan anggaran tersebut sendiri sudah siap, karena penganggarannya sudah selesai.

"Jadi, sekarang tinggal pelaksanaannya, sesuai dengan kebutuhan untuk penanganan Covid-19 ini," tandasnya.

 Rincian Gaji ke-13 dan THR PNS 2020 Jika Tidak Dipangkas Jokowi

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved