Berita Tomohon

Dishub Tomohon Miliki Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Akreditasi C

Dinas Perhubungan Kota Tomohon, kini telah memiliki Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) akreditasi C

Tribun Manado / Hesly Marentek
Ronald Kalesaran 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Dinas Perhubungan Kota Tomohon, kini telah memiliki Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) akreditasi C. Hal sebagaimana diungkapkan Kadis Perhubungan Kota Tomohon, Ronald Kalesaran, Rabu (8/4/2020) siang.

Menurut Kalesaran pihaknya memang memprioritaskan balai pengujian kendaraan bermotor yang lebih baik. "Dalam pelayanan, kami terus berupaya semaksimal mungkin demi keamanan, kenyamanan. Serta yang utama adalah keselamatan pengguna kendaraan umum maupun pemilk kendaraan," ujarnya.

Untuk saat ini, dikatakan Kalesaran, permohonan pengujian kendaraan bermotor sudah tidak lagi menggunakan surat keterangan (Suket) KIR, tapi smart card.

Ustaz Bachmid Dukung Kebijakan Penanganan dan Pencegahan Covid-19

"Kalau dulu masih menggunakan suket, tapi sekarang sudah menggunakan smart card atau blue sistem bukti lulus uji elektronik yang disediakan Kementerian Perhubungan," kata Kalesaran.

Kabid Sarana Prasarana Dishub Tomohon, Ivana Oroh menambahkan, setiap kendarana wajib dilakukan uji berkala, karena hal itu sudah menjadi aturan yang berlaku dalam perhubungan darat.

"Ini bukan untuk mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi paling utama untuk keselamatan bagi penumpang dan pengendara," tegasnya.

Menurut Oroh, balai pengujian KIR wajib di miliki setiap daerah termasuk Kota Tomohon. "Sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan RI tahun 2018, setiap kota wajib memiliki balai KIR yang sudah terakreditasi," pungkasnya. (hem)

Masyarakat Minut Dilarang Mudik Tahun Ini

Penulis: Hesly Marentek
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved