Berita Bolmong

Kemenag Bolmong Gelar Manasik Haji Online

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bolmong menggelar Manasik Haji Online yang melibatkan 25 jemaah calon haji di seluruh Bolmong

Istimewa
Kemenag Bolmong Gelar Manasik Haji Online 

TRIBUNMANADO.CO.OD, LOLAK - Pasca-diberlakukannya peraturan kerja dari rumah (work from home) bagi seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berdampak pada kegiatan yang seharusnya digelar di kantor dialihkan ke dunia maya.

Pada Selasa (7/4), Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bolmong menggelar Manasik Haji Online yang melibatkan 25 jemaah calon haji di seluruh Bolmong.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Bolmong, Muhtar Bonde mengatakan, manasik haji seharusnya dilakukan secara rutin setiap tahun yang bertempat di Aula kantor, gedung, atau setiap kecamatan.

"Akibat merebaknya Covid-19 maka kegiatan manasik terpaksa digelar secara online via aplikasi Zoom,"ujarnya

Tiga Pemain Cedera Sulut United Bakal Kembali Merumput

Saat menjadi narasumber pada manasik tersebut, Muhtar Bonde menekankan pentingnya manasik sebagai ajang pembekalan bagi calon haji agar tidak gagap saat melakukan ibadah di tanah suci.

"Kemenag semaksimal peningkatan kualitas perjalanan ibadah haji dengan memperbanyak bimbingan manasik haji,"katanya

Bonde juga mengingatkan kepada seluruh jemaah untuk terus berlatih manasik dan memperbanyak dzikir dan mengaji untuk mengisi waktu di masa-masa sekarang ini.

Tiga Pemain Cedera Sulut United Bakal Kembali Merumput

Selanjutnya, Kasie PHU, Hendrongi Ngampo menjelaskan rangkaian rukun ibadah haji yakni Wukuf di Padang Arafah merupakan ritual terpenting yang wajib dilakukan oleh setiap jamaah haji sebagai puncak dari ritual ibadah haji. Menurutnya wukuf wajib dilakukan, meski dalam keadaan sakit.

Seorang jamaah haji harus di safari-wukufkan, bahkan apabila ia meninggal dunia sebelum sempat melaksanakan wukuf di padang Arafah ini ia harus dibadal-hajikan.

“Maka persiapkanlah hati kita sebaik mungkin dan membaca talbiyah selama menunggu prosesi wukuf. Lakukan shalat zhuhur dan ashar dengan cara jama’ qashar taqdim artinya dikerjakan pada waktu zhuhur dan dilaksanakan secara berjamaah. Kemudian mendengarkan khutbah Arafah,” tutupnya.(Art/rls)

Manado Ditetapkan Jadi Transmisi Lokal Covid-19, Dinkes Minsel Belum Terima Surat dari Kemenkes

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved