Update Virus Corona Sulut

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Boltim Siapkan APD dan 80 Ribu Masker

Bupati Boltim Sehan S Landjar mengatakan, pihaknya telah siapkan APD berupa 50 pakaian untuk tenaga medis.

Siti Nurjanah/Tribun Manado
Bupati Boltim Sehan S Landjar saat sosialisasi keliling kampung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOTABUAN - Tak sedikit upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Boltim.

Selain penjagaan ketat di perbatasan masuk wilayah Boltim dan juga pemberian sembako kepada warga akibat Covid-19, Pemkab Boltim juga menyediakan Alat Kelengkapan Diri (APD) untuk para medis dan masker untuk dibagikan ke masyarakat.

Bupati Boltim Sehan S Landjar mengatakan, pihaknya telah siapkan APD berupa 50 pakaian untuk tenaga medis.

"Kami juga sudah anggarkan lagi tapi yang jadi kendalanya itu kami kesulitan mendapatkan barang tersebut. Tapi itu juga saya sudah sampaikan ke pak gubernur. Saya berharap Dinkes Provinsi bisa berikan akses," ucapnya.

Selain itu, Eyang sapaan akrab Bupati Boltim dua periode itu menambahkan, selain pakaian untuk tenaga medis, pihaknya juga mempunyai 80 ribu masker untuk dibagikan ke masyarakat.

"Namun karena masa pakai masker hanya 12 jam, dengan jumlah penduduk Boltim sekitar 50 ribu orang, maka hanya dua hari masker tersebut bisa habis," ucapnya.

Tak hanya berhenti sampai di situ, Sehan Landjar juga telah kembali menganggarkan untuk pembelian masker.

"Kami dapat mempersiapkan anggaran hingga Rp 20 miliar, namun yang sementara digunakan kurang lebih Rp 11,6 miliar termasuk operasional dan insentif bagi tenaga medis yang bekerja 1x24 jam diperbatasan," ucapnya.

Meski pihaknya telah menganggarkan untuk pembelian masker, namun kendala di lapangan susahnya mendapatkan masker tersebut dikarenakan langka. (ana)

 DETIK-DETIK 3.500 Mobil Terbakar di Amerika, Api Bisa Dipadamkan 18 Jam Kemudian

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved