Unsrat Produksi Masker Anti-Covid-19

Dunia lagi berperang melawan Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Tak terkecuali dunia kampus ikut ambil bagian.

istimewa
Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengambil peran untuk membantu pemerintah dalam rangka mengatasi pandemik Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dunia lagi berperang melawan Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Tak terkecuali dunia kampus ikut ambil bagian. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengambil peran.

NU dan Muhammadiyah: Boleh Tidak Salat Jumat 3 Kali karena Pandemi Virus Corona

"Hal ini berdasarkan imbauan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen yaitu kalau bisa semua universitas itu berkreasi untuk membantu kekurangan alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan APD," kata Prof Dr Ir Fabian J Manoppo, MAgr, Dekan Fakultas Teknik Unsrat, Jumat (3/4/2020).

Lanjut dia, dari imbauan itu, Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat, menginfokan kepada fakultas teknik. "Sebenarnya tanpa imbauan pemerintah juga, kita dari pihak universitas juga sudah siap dengan membantu dengan membuat APD," jelasnya.

Ia mengatakan, kalau untuk APD ini memang mahasiswa punya tugas dan ada bimbingan dari dosen di Jurusan Mesin dengan mahasiswa untuk membuat tugas. "Kalau untuk bahan masker itu adalah face mask itu terdiri dari plastik mika dan plastik printing 3D," ujar dia.

Ratusan Napi Dibebaskan Karena Virus Corona, Kemenkumham Kerja Keras: Jangan Berulah Tetap di Rumah

Prof Fabian menuturkan, ada dua plastik, yaitu plastik mika yang biasa dan plastik khusus yang dipakai printer 3D. "Lalu dibuat diprinter dan bahannya tidak mahal satu buah sekitar Rp 20 ribu," ungkapnya.

Ia menyatakan, bahannya murah sekitar itu, karena dibuat tidak bayar kalau di pabrik tambah ongkos kerja, tapi kalau ini tidak, yaitu sukarela semua. "Cuma biaya pembuatan sekitar Rp 20 ribu, yaitu sudah dengan material," kata dia.

"Karena cuma alat-alat karoseri jadi nggak bisa produksi besar sama dengan pabrik," beber dia. Sementara ini, kata dia, sudah jadi sekitar 20-an buah. “Kita belum cetak banyak sekali karena masih berkoordinasi apa bisa atau layak dipakai tidak dan harus ada persyaratan," tuturnya.

Nia Ramadhani Menangis Dapat Ucapan Ulang Tahun Pernikahan ke-10 dari Jessica Iskandar

"Sementara koordinasi kalau memang itu sudah oke ya siap tetapi paling tidak standar yang kita pakai sama dengan di video luar negeri itu," ucap Prof Fabian.

Ia menuturkan, jadi tinggal ukuran saja, supaya pas di wajah pemakai, tidak bocor, kapasitas plastiknya dan lainnya. "Cuma dalam kondisi darurat sebisanya kalau memang memungkinkan bisa dipakai dan jadi itu sementara kita siapkan," kata dia. Selain itu, kata Prof Fabian, ide anak-anak mahasiswa dan dosen di Teknik Mesin Unsrat. (ang)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved