Kesehatan

Sering Menjadi Perdebatan, Berapakah Sebenarnya Suhu Tubuh Normal Manusia?

Ahli kedokteran menyebutkan setiap manusia memiliki suhu tubuh normal yang berbeda-beda.

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Soekarno Hatta meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KESEHATAN - Tubuh manusia memang seperti sebuah tungku yang bisa mengeluarkan panas sepanjang waktu.

hal tersebut bertujuan agar organ-organ dalam tubuh tetap bisa bekerja optimal.

Namun, jika panas yang dikeluarkan tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit, justru bisa menjadi penanda masalah kesehatan.

Suhu tubuh normal manusia
Melansir laman Web MD, pakar kesehatan dari Jerman pada abad ke 19 telah menetapkan standar suhu tubuh normal adalah 37 derajat celcius.

Namun, riset terbaru menetapkan suhu tubuh normal manusia adalah 36 derajat celcius.

Ahli kedokteran keluarga Donald Ford mengatakan, setiap manusia memiliki suhu tubuh normal yang berbeda-beda.

"Setiap orang memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda. Namun, suhu tubuh yang berada dalam kisaran 36 hingga 37 derajat celcius dinggap normal," tambah Ford, dilansir dari Cleveland.

Tapi, orang yang memiliki kondisi kesehatan yang baik bisa saja memiliki suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi atau rendah dari kisaran angka tersebut.

"Jika kita dalam kondisi sehat, suhu tubuh tetap berada dalam kisaran normal meski suhu di lingkungan sekitar kita sedang dingin," ucap Ford.

Bagian otak yang disebut hipotalamus bertanggung jawab menjaga suhu tubuh.

Halaman
123
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved