ODSK Pasok Sembako ke Panti Asuhan: dr Rinny Kampanye Social Distancing

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) gencar memerangi Coronavirus disease 2019

Istimewa
Olly Dondokambey - Steven Kandouw 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) gencar memerangi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Tak hanya menyebar bilik disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, ODSK juga menyalurkan bantuan pangan ke masyarakat.

Begini Cara Pelanggan 450 VA dan 900 VA Bisa Dapat Keringanan Tagihan Listrik Subsidi Pemerintah

Kali ini anak panti asuhan, panti disabilitas dan lansia di panti jompo mendapat uluran tangan. Selain itu, panti sosial juga disemprot disinfektan untuk mematikan sebaran Corona. Kepala Dinas Sosial Sulut, dr Rinny Tamuntuan mengatakan, sesuai instruksi ODSK, pemerintah sudah mengambil langkah mempercepat dan telah melakukan penyaluran bantuan kebutuhan pokok kepada panti anak, lanjut usia dan disabilitas.

Penyaluran bantuan ini tetap memperhatikan instruksi pemerintah soal social distancing dan pengaturan waktu penyaluran. Semua panti akan mendapat bantuan, termasuk panti yang berada di kepulauan. "Intinya kami terus mengkoordinasikan hal ini melalui dinas sosial di lokasi, bantuan sudah berjalan mulai akhir minggu Maret ini. Untuk panti anak, panti lansia dan disabilitas penyalurannya awal April ini, " kata dia.

Kata Dokter Rinny, langkah dimaksud atas koordinasi pemerintah pusat dan daerah tidak lepas dari ketentuan aturan yang berlaku. "Berbagai langkah yang diambil di antaranya melihat kepada pelayanan di panti anak, lanjut usia, disabilitas," katanya.

Selain itu dilakukan juga tindakan preventif melalui tenaga Satuan Bakti Pekerja Sosial seperti menempelkan pamflet instruksi kebersihan, social distancing, menyiapkan alat pembersih di setiap panti.

Ini Kiper yang Miliki Clean Sheet Terbanyak di Shopee Liga 1 Musim 2019

Berkoordinasi dengan Tim Tagana Bidang Rehabilitasi Sosial, Pemprov telah melakukan penyemprotan disinfektan di panti di Kota Manado dan sekitarnya. "Untuk panti di daerah kepulauan (Nusa Utara) dan Bolmong Raya telah terkoordinasikan ditangani penyemprotan oleh dinsos setempat," kata dia. 

Kepala Dinas Sosial Sulut, dr Rinny Tamuntuan.
Kepala Dinas Sosial Sulut, dr Rinny Tamuntuan. (ryo noor/tribun manado)

Sebar Bilik Disinfektan ke Terminal-Pasar

Pemerintah Provinsi Sulut secara bertahap menempatkan bilik sterilisasi di fasilitas publik. Bilik sterilisasi berisi cairan disinfektan itu sudah ditenpatkan di Pasar Karombasan, Pasar Bersehati dan Pasar Tuminting, Kota Manado. Selanjutnya, Pemprov kembali memasang 2 bilik tempat penyemprotan disinfektan di Pasar Bahu dan Terminal Paal 2 Manado.

Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut, Clay June Dondokambey didampingi Kabid Trantib Satpol PP, Valentino Sinaga memimpin pendistribusian bilik sterilisasi. Clay mengatakan, bilik ini nantinya bisa digunakan masyarakat baik para pejalan kaki atau pengguna angkutan umum lainnya sebagai Iangkah pencegahan menyebarnya Corona.

Setiap tempat dipasang satu unit bilik sehingga total dua unit bilik sterilisasi telah dipasang di dua lokasi tersebut. Selain memasang bilik, Pemprov Sulut juga mengisi kembali cairan disinfektan di setiap bilik sterilisasi, dan air bersih pada tong cuci tangan yang telah dipasang sebelumnya di sejumlah lokasi berbeda.

Sebagai informasi, cairan disinfektan yang digunakan pada bilik sterilisasi aman digunakan karena menggunakan H202 (Hidrogen Peroksida) pada konsentrasi rendah seperti yang digunakan pada campuran obat dan kosmetik, dan sasaran disinfektasi adalah pada pakaian yang digunakan.

Pandemi Covid-19, Negara dan Wilayah di Dunia yang Belum Melaporkan Kasus Virus Corona

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved