Waspada Virus Corona, DKP Antisipasi Krisis Pangan Di Mitra

Pemkab Minahasa Tenggara lewat dinas ketahanan pangan, mulai melakukan antisipasi masalah krisis pangan

Tribun Manado / Giolano Setiay
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Made Alit 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Ratahan - Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat dinas ketahanan pangan (DKP) mulai melakukan antisipasi masalah krisis pangan yang diperkirakan bakal terjadi pasca hadirnya Covid-19.

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Made Alit saat diwawancarai hari ini Rabu (1/4/2020) diruang kerjanya, untuk sekarang memang ada beberapa langkah antisipasi krisis pangan yang harus kita lakukan.

"Seperti yang diinstruksikan Bupati sebelumnya, kita diharuskan melakukan kalkulasi bersama dinas pertanian untuk melakukan survei terkait ketersediaan pangan yang ada di Mitra," tutur Alit.

Diketahui, langkah yang bakal diambil yakni pengadaan belanja pangan khususnya bahan pokok beras yang diprioritaskan.

"Berdasarkan arahan pimpinan, ada anggaran yang digeser untuk pengadaan belanja beras. Dan anggaran tersebut bakal dirampungkan dalam pembahasan pihak pimpinan," tandasnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada warga khususnya para petani beras lokal, agar bisa, hasil panennya jangan dijual keluar daerah.

"Bila memungkinkan akan dibeli pemerintah, untuk stok beras lokal selama masa karantina yang nantinya dipersiapkan bila mengalami krisis," tukasnya.

Dan diberi perhatian juga kepada para penadah stok pangan seperti bapok. Ditengah Pandemi Covid-19 itu tidak diperbolehkan.

"Itu bisa saja menimbulkan kelangkaan dalam stok pangan. Bila nanti didapati para mafia pangan, akan ditindak tegas," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya telah bekoordinasi bersama pihak kepolisian yakni Polres Mitra terkait tindakan tegas yang bakal diambil.

"Bila didapati ada mafia beras yang sengaja melakukan penampungan stok pangan, hingga mengalami kelangkaan. Akan ditindak tegas pihak berwajib yakni kepolisian Mitra," jelas Alit.

Ia menambahakan Langkah ini telah diperkirakan berdasarkan kalkulasi yang ada, sangat efektif untuk mencegah stabilnya pangan di Mitra selama situasi Covid-19 ini. (TRIBUNMANADO/GINO GIOALANO)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved