Ekonomi

Turun dari Bulan Sebelumnya, BPS: Inflasi Bulan Maret Sebesar 0,10 Persen Mom

"Berarti inflasi tahunan di bawah 3 persen dan dari angka ini saya akan ambil kesimpulan inflasi Maret 2020 cukup terkendali," kata Kepala BPS.

NET
Inflasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi bulan Maret sebesar 0,10 persen bulanan atau month on month (mom).

Angka ini sudah lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya, yakni sebesar 0,28 persen mom.

Sedangkan inflasi tahun kalender sebesar 0,76 persen dan inflasi tahunan sebesar 2,96 persen mom.

"Berarti inflasi tahunan di bawah 3 persen dan dari angka ini saya akan ambil kesimpulan inflasi Maret 2020 cukup terkendali," kata Kepala BPS Suhariyanto pada Rabu (1/4/2020) dalam pengumuman inflasi lewat video conference.

Penyebab utama inflasi pada Maret 2020 adalah kenaikan harga emas perhiasan dengan andil inflasi sebesar 0,05 persen, telur ayam ras dengan andil 0,03 persen, bawang bombay dengan andil 0,03 persen, gula pasir dengan andil 0,02 persen, nasi dan lauk pauk sebesar 0,01 persen, serta rokok filter dan rokok putih masing-masing dengan andil 0,01 persen.

Sementara itu, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menahan laju inflasi, yaitu cabai merah yang turun drastis dengan andil kepada deflasi sebesar 0,09 persen serta cabai rawit dengan andil 0,04 persen.

Untuk selanjutnya, Suhariyanto mengatakan bahwa pemerintah perlu menjaga ketersediaan pasokan pangan untuk menjaga inflasi.

Pasalnya, pada akhir minggu bulan ini, kita akan masuk bulan puasa.

"Kita berharap inflasi pada Ramadan dan Lebaran bisa tetap akan terkendali. Selain menjaga ketersediaan pasokan pangan, diharapkan mampu menjaga kelancaran distribusi agar harga-harga juga terjangkau," tandasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di KONTAN dengan judul BPS: Inflasi Maret 2020 sebesar 0,10% mom.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved