Virus Corona di Indonesia

Beda Karantina dan Lockdown, Ini Penjelasan Lengkap Dalam UU Tentang Karantina Kesehatan

Karantina dan Lockdown. Inilah penjelasannya ada yang diatur dalam undang-undang.

antara
Sejumlah pembatas dipasang untuk menutup jalan ke arah Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (27/3/2020). Sejak diberlakukan penutupan jalan masuk ke Alun-alun Kota Tegal dan pengalihan jalur di sejumlah jalan protokol untuk antisipasi penyebaran COVID-19 lima hari lalu, jalanan di pusat kota llengang dan penjualan sejumlah toko dan rumah makan diperkirakan menurun hingga 80 persen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beredar informasi bahwa sudah ada beberapa daerah, wilayah atau tempat di Indonesia sudah menerapkan local lockdown.

Akses keluar masuk ke dan dari wilayah tersebut dibatasi bahkan sudah ditutup. Tujuannya untuk cegah penularan covid 19 atau virus corona.

Penyebutan local lockdown di beberapa daerah ternyata berbeda dengan yang disampaikan pemerintah pusat.

Ditegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada satu pun pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota yang menerapkan lockdown.

Lockdown hanya bisa tetapkan oleh Pemerintah Pusat dan hingga saat ini opsi itu tidak diambil.

Sejak awal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menegaskan tidak memilih opsi lockdown.

Pemerintah pusat menyebut kebijakan penutupan akses keluar masuk wilayah oleh pemerintah daerah itu sebagai karantina wilayah.

Terkait karantina wilayah ini, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menyebut pemerintah tengah menyiapkan rancangan Peraturan Pemerintah (PP) soal Karantina Wilayah.

"Sedang menyiapkan rancangan peraturan pemerintah (PP) untuk melaksanakan karantina kewilayahan."

"Di situ akan diatur kapan sebuah daerah itu boleh melakukan pembatasan gerakan yang secara umum sering disebut lockdown," ujar Mahfud dalam video conference bersama wartawan, Jumat (27/3/2020), dikutip dari Kompas.com.

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved