Breaking News:

VIrus Corona Indonesia

Rumah Dinas Bupati Banyuwangi Disulap jadi Ruang Isolasi Darurat, Cegah Virus Corona

Demi mengantisipasi penyebaran virus corona, Rumah dinas Bupati Banyuwangi dijadikan ruang isolasi darurat

Editor: Rhendi Umar
(dok Humas Pemkab Banyuwangi)
Rumah dinas Bupati Banyuwangi dijadikan ruang isolasi darurat untuk antisipasi penyebaran virus corona. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BANYUWANGI - Demi mengantisipasi penyebaran virus corona, Rumah dinas Bupati Banyuwangi dijadikan ruang isolasi darurat.

Selain rumah dinas bupati, Pemkab Banyuwangi juga menyiapkan Gedung Wanita yang memilki ruangan luas.

Rumah dinas yang disebut Pendopo Sabha Swagata Blambangan digunakan untuk isolasi darurat orang dalam pemantauan (ODP).

”Ruang isolasi darurat ini untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala ringan. Adapun bila ada yang positif, ditempatkan di ruang isolasi rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan, dr. Widji Lestariono, Minggu (29/3/2020) dikutip dari rilis tertulis Pemkab Banyuwangi.

Pria yang akrab dipanggil Rio tersebut menjelaskan ruang isolasi tersebut dilengkapi sejumlah alat untuk perawatan standar pasien, mulai tabung oksigen, monitor pemantau, termasuk tempat tidur untuk pasien.

”Saat ini kami menyiapkan 300 bed isolasi di rumah sakit pemerintah maupun swasta. Dengan tambahan ruang isolasi darurat ini, maka bisa ditambah jadi 335 bed,” ujar Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, penyiapan ruang isolasi darurat ini sebagai bentuk antisipasi terkait segala kemungkinan perkembangan virus corona di Banyuwangi.

”Kita tidak berharap, tapi untuk antisipasi. Kita berdoa semoga semua persiapan ini sia-sia karena penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas dan bisa ditekan,” ujar Anas.

Ia berinisiatif menjadikan rumah dinasnya untuk ruang isolasi sebagai upaya membangun kesadaran bersama bahwa ODP dan PDP, bahkan pasien positif adalah orang-orang yang perlu dukungan.

Baca juga: Wali Kota Bandung Bangun TPS Terpadu di Area Rumah Dinas

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved