News

Penyampaian Terbaru OJK Untuk Debitur, Tidak Perlu ke Bank atau Leasing, Lihat Hal Penting Lainnya

Debitur tidak perlu ke Bank atau kantor perusahaan pembiayaan (leasing untuk mengajukan keringanan cicilan kredit.

Kolase Tribun Manado/Internet/Capture Facebook
Ilustrasi OJK dan Capture Facebook Program Berbagi Berkah 

TRIBUNMANADO.CO.ID.JAKARTA - Ada hal penting yang harus diperhatikan oleh debitur dalam hal mengajukan keringanan cicilan kredit.

Yang pertama mengenai prosedur untuk pengajuan keringanan dan syarat-syarat minimal bagi debitur yang mendapat prioritas.

Dalam penyampaiannya pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa debitur tidak perlu datang ke bank atau perusahaan pembiayaan (leasing).

Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot mengatakan, tunggu dan ikuti pengumuman yang akan disampaikan bank atau leasing melalui website dan call center resmi.

Sementara itu, prioritas debitur yang mendapat keringanan adalah memenuhi 4 persyaratan minimal, pertama yakni terkena dampak virus corona atau Covid-19.

"Nilai kredit atau leasing dibawah Rp 10 miliar untuk antara lain pekerja informal, berpenghasilan harian, usaha mikro dan usaha kecil (kredit UMKM dan KUR)," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, kemarin malam.

Kedua, keringanan dapat diberikan dalam periode waktu maksimum 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok atau bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang ditetapkan oleh bank atau leasing.

Ketiga, mengajukan kepada bank atau leasing dengan menyampaikan permohonan melalui saluran komunikasi bank atau leasing.

Keempat, jika dilakukan secara kolektif misalkan melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data yang diberikan kepada bank atau leasing.

Sekar menambahkan, bagi debitur yang tidak termasuk 4 poin tersebut maka bank atau leasing memiliki kebijakan keringanan kredit.

"Debitur dapat berkontak langsung melalui sarana komunikasi yang selama ini digunakan dan tetap tidak perlu hadir atau tatap muka," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Debitur Tak Perlu Datang ke Bank atau Leasing untuk Ajukan Keringanan Cicilan Kredit, Simak Caranya

https://m.tribunnews.com/bisnis/2020/03/29/debitur-tak-perlu-datang-ke-bank-atau-leasing-untuk-ajukan-keringanan-cicilan-kredit-simak-caranya

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved