Virus Corona

Sejak Awal Pemerintah Vietnam Tegas Melawan Covid-19, Ini Patut Jadi Contoh Indonesia Tanpa Lockdown

Vietnam tercatat sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang belum memiliki kasus kematian akibat virus corona atau Covid-19.

AFP
Vietnam mengumumkan semua pasien yang terinfeksi virus corona di negara tersebut telah dipulangkan dari rumah sakit dan dinyatakan sembuh. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sampai saat ini Vietnam tercatat sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang belum memiliki kasus kematian akibat virus corona atau Covid-19.

Date terkini terhitung sejak Sabtu (28/3/2020), Vietnam memiliki 163 kasus positif di mana 20 pasien dinyatakan telah berhasil sembuh dari Covid-19.

Hal itu dikarenakan sejak awal pemerintah Vietnam tegas dalam memerangi virus corona (Covid-19) yang berasal dari Wuhan, China.

Di awal Maret lalu, Vietnam berhasil menyembuhkan seluruh pasien positif corona, yang saat itu masih berjumlah 16 kasus.

Keberhasilan itu mendapatkan apresiasi dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

WHO menilai, pemerintah Vietnam sangat merespons cepat dan aktif atas keadaan darurat dan kritis di tahap awal penyebaran di wilayahnya.

Berikut langkah hebat Vietnam dalam menekan penyebaran virus corona yang bisa dicontoh oleh Indonesia tanpa menerapkan lockdown :

1. Pemerintah Proaktif dan Konsisten

Pemerintah Vietnam telah mengaktifkan sistem responsif saat tahapan awal wabah.

Kasus pertama terjadi pada 23 Januari lalu, saat dua orang warga China yang sedang berlibur Imlek di Kota Ho Chi Minh dinyatakan positif corona.

Pemerintah langsung mengintensifkan pengawasan, meningkatkan pengujian laboratorium, memastikan pencegahan dan pengendalian infeksi, manajemen kasus yang baik di fasilitas kesehatan, menyampaikan pesan komunikasi ke publik dengan sangat jelas, serta kolaborasi lintas sektor yang erat.

Halaman
123
Editor: Bravi Pangajouw
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved