Pembatalan Naik Haji Belum Ada Surat Resmi, Rikson: 162 Jemaah Haji Sulut Lunas Pembayaran 

Jika ternyata haji tahun ini dibatalkan, dana yang disetorkan saat pelunasan, akan dikembalikan lagi ke jemaah.

fistel mukuan/tribun manado
Pembatalan Naik Haji Belum Ada Surat Resmi, Rikson: 162 Jemaah Haji Sulut Lunas Pembayaran  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika mewabahnya Covid-19 akan membuat penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 ditunda.

Tapi untuk keputusan itu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi masih menunggu perkembangan kebijakan pemerintah Arab Saudi.

Jika ternyata haji tahun ini dibatalkan, dana yang disetorkan saat pelunasan, akan dikembalikan lagi ke jemaah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara H. Rikson Hasanati, M.Pd menjelaskan, sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia tentang pembatalan haji tahun ini.

"Maka sampai hari ini kami di daerah juga masih melakukan persiapan-persiapan berkaitan dengan penyelenggaraan haji tahun ini," kata H Rikson.

Lanjutnya, walau harus bekerja dari rumah, tidak menurunkan semangat teman-teman untuk menyiapkan segala sesuatunya. Semua seksi di bidang PHU Kanwil Kemenag Sulut tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Di seksi pendaftaran misalnya, pelayanan bagi jamaah pelimpahan porsi karena meninggal atau sakit permanen yang tahun ini pelayananya sudah dilimpahkan ke kanwil atau pelayanan lain seperti usul prioritas lansia 1 persen sesuai regulasi juga telah dilakukan," tambahnya.

Ia bilang demikian juga di seksi Bina haji yang menangani pembinaan manasik haji, dengan kondisi mewabahnya virus corona atau covid 19, manasik haji konvensional dengan cara bertatap muka langsung memang tidak bisa kita lakukan.

"Tapi bukan berarti jamaah haji tidak akan menerima manasik haji, saat ini seksi bina haji reguler dan advokasi haji sementara memproduksi konten-konten vidio manasik haji yang dapat di tonton oleh jamaah di rumah masing-masing," ungkapnya.

Dari laporan H Rikson, sampai kemarin (27/03/2020) pukul 16.30 jemaah haji Sulut yang telah melakukan pelunasan berjumlah 162 dari 707 jemaah haji berhak lunas tahun ini.

"Perkembangan pelunasan jemaah haji ini terus di pantau oleh teman-teman di seksi siskohat dan perkembangannya terus dilaporkan ke pusat. Dan terkait akan dikembalikannya dana pelunasan yang telah disetorkan oleh jemaah haji jika ternyata haji tahun ini dibatalkan, maka kami akan menunggu dan mangacu pada kebijakan berikutnya dari Kemenag RI," tutupnya.(fis)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved