Smart Woman

Dokter Cantik Asal Manado Berbagi Pola Hidup Sehat

"Kita dapat melakukan upaya pencegahan penyakit ini tentunya dengan pola hidup bersih dan sehat," kata wanita yang akrab disapa Janet.

istimewa
Dokter Cantik Asal Manado Berbagi Pola Hidup Sehat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seperti kita ketahui pada awal tahun 2020, Covid-19 menjadi masalah kesehatan dunia.

Covid-19 ditularkan melalui kontak dekat dan secara droplet atau percikan ludah.

Orang-orang yang paling berisiko terinfeksi adalah mereka yang berhubungan dekat dengan pasien Covid-19 atau yang merawat pasien Covid-19.

Demikian yang disampaikan Janet Anna Judith Walangitan, kepada Tribun Manado, Sabtu (28/3/2020).

Janet Anna Judith Walangitan
Janet Anna Judith Walangitan (istimewa)

"Kita dapat melakukan upaya pencegahan penyakit ini tentunya dengan pola hidup bersih dan sehat," kata wanita yang akrab disapa Janet.

Wanita kelahiran Manado, 7 Maret 1994, juga mengatakan, pola hidup sehat yang harus dilakukan adalah kebersihan.

Rajin cuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau memakai hand sanitizer saat diluar rumah serta menghindari tangan menyentuh mata, hidung dan mulut.

"Selain itu terapkan etika batuk atau bersin, dengan menutup hidung dan mulut dengan lengan atas bagian dalam atau tisu, lalu buanglah tisu ke tempat sampah," ucap perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Samratulangi Manado.

Perempuan yang hobi traveling ini juga menyarankn agar memakai masker medis jika memiliki gejala pernapasan dan melakukan kebersihan tangan setelah membuang masker.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini menambahkan, kita harus menjaga jarak minimal satu meter dari orang yang mengalami gejala gangguan pernapasan.

"Memperhatikan asupan gizi yang baik bila perlu minum vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh, istirahat yang cukup dan olahraga teratur," tambah anak dari Ronny Walangitan yang keseharian sebagai dosen Fakultas Teknik Universitas Samratulangi Manado dan Mieke Pangkong, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Sulut.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini juga berpesan kepada masyarakat agar jangan panik, tetap ikuti arahan pemerintah untuk beraktivitas dirumah untuk memutus rantai penularan penyakit ini.

Jika terdapat gejala seperti demam, pilek, batuk, sesak dan riwayat bepergian dari daerah yang terinfeksi atau melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

"Masyarakat dapat segera memeriksakan diri di layanan kesehatan terdekat. Dan terutama tentunya tetap berdoa pada Tuhan semoga wabah ini segera berakhir," tutup wanita yang sekarang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Wolter Mongisidi Teling Manado dan juga sebagai konselor di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) provinsi Sulawesi Utara.(fis)

Dokter Cantik Asal Manado Berbagi Pola Hidup Sehat
Dokter Cantik Asal Manado Berbagi Pola Hidup Sehat (istimewa)

Nama lengkap : Janet Anna Judith Walangitan
Nama penggilan : Janet
Hobi : traveling
Lulusan : Fakultas edokteran Universitas Samr Ratulangi Manado
Pekerjaan :
Orangtua : ayah :Ronny Walangitan sebagai Dosen Fakultas Teknik UNSRAT dan ibu : Mieke Pangkong Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Sulut.

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved