Advetorial

Pemkot Kotamobagu Siapkan Rp 15,4 Miliar Cegah Penyebaran Wabah COVID-19

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengatakan setidaknya, ada empat pos anggaran di setiap OPD yang akan dipangkas.

Tribun manado / Alpen Martinus
Tatong Bara menyerahkan surat pemberitahuan pajak daerah terhutang (SPPDT) dan daftar himpunan ketetapan pajak (DHKP) pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) tahun 2020, di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai langkah terus diambil Pemerintah Kota Kotamobagu dalam melakukan pencegahan wabah virus corona (COVID-19).

Salah satunya dengan melakukan pemangkasan anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang akan dialokasikan untuk menalangi penanggulangan COVID-19.

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengatakan setidaknya, ada empat pos anggaran di setiap OPD yang akan dipangkas.

"Anggaran yang di pangkas antara lain, biaya perjalanan dinas, kegiatan sosialisasi yang melibatkan orang banyak, pengurangan paket pengerjaan fisik serta beberapa program OPD yang tidak terlalu mendesak," bebernya.

Ia mengatakan nantinya dari total pemangkasan tersebut, Pemkab akan menyiapkan sekira Rp 15,4 miliar untuk menalangi penanggulangan dan pencegahan wabah COVID-19 di Kotamobagu.

"Dimana pengalokasian angaran tersebut akan dibagi dalam dua tahapan, yang pertama Pemkot mengucurkan sekira Rp 2,6 miliar untuk pengadaan APD," ucapnya

Sedangkan tambah anggaran sebesar Rp 12,7 miliar akan dialokasikan operasional yakni pembelian BBM untuk ambulance, penambahan petugas medis dan paramedis, biaya makan minum petugas medis juga paramedis serta insentif petugas medis dan paramedis, cleaning service, petugas gizi, petugas pemulasaran jenazah dan supir ambulance.

"Serta pengadaan obat, bahan medis habis pakai, mesin cuci infeksius dan kasur," ujarnya.

Sementara Sekot Kotamobagu Sande Dondo mengatakan pemangkasan anggaran di OPD tersebut, telah melalui rapat pembahasan bersama seluruh jajaran OPD.

"Dan hasilnya setiap OPD banyak memangkas anggaran yang tidak terlalu urgen, kemudian dialokasikan untuk menanggulangi pencegahan COVID-19 di Kotamobagu," kuncinya. (drp)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved