Dampak Virus Corona

Ini 6 Langkah Efektif Jaga Stok Pangan yang Melonjak di Tengah Wabah Virus Corona

Melonjaknya sejumlah harga kebutuhan dan stok pangan di Sulawesi Utara di tengah mewabahnya virus corona perlu diantisipasi

Istimewa
Magdalena Wullur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Melonjaknya sejumlah harga kebutuhan dan stok pangan di Sulawesi Utara di tengah mewabahnya virus corona perlu diantisipasi.

Pakar Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Magdalena Wullur saat dikonfirmasi mengatakan, ada enam langkah yang perlu diperhatikan.

"Langkahnya pertama menghimbau masyarakat tidak panik membeli banyak dan kemudian konsumsi makanan berlebihan tidak seperti biasanya," kata Magdalena.

Kedua katanya, pastikan di setiap pasar atau toko yang menjual bahan makanan ada petugas yang menjaga dan memastikan satu pembeli atau satu orang hanya membeli dua atau tiga barang, misalkan Aqua tiga botol untuk menghindari orang kaya membeli semua.

Polsek Sangkub Minta Balai Jalan Siapkan Alat Berat Buka Akses Jalan Trans Sulawesi

"Ketiga jaga jika ada yang nakal menyimpan pasokan maka harus segera ditindak," tambahnya.

Keempat proses bertahap pemerintah melarang masyarakat keluar berbelanja untuk di daerah tertentu, namun penjual dan petugas yang akan mengantar ke rumah rumah setiap keperluannya mereka sesuai kebutuhan.

Ia bilang agar ada jaminan pasokan dan ada data siapa saja yang mondar mandir.

"Kelima pastikan untuk kelancaran logistik dan distribusi dan keenam mengedukasi masyarakat menanam sendiri di pekarangan atau di kebun," tegasnya.

Namun menurut dia, intinya masyarakat percaya sebab tanpa kepercayaan pada pemerintah, jika tak ingin chaos yang diperkirakan memuncak di bulan April, nanti bisa terjadi penjarahan dan desak-desakan.(fis)

BREAKING NEWS: Pasien Corona 58 di Manado Meninggal karena Penyakit Gagal Ginjal

BREAKING NEWS: Banjir di Sangkub Bolmut, Jalan Trans Sulawesi Kembali Putus

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved