Nasional

Kemensos Percepat Penyaluran Bantuan Sosial Karena Virus Corona

Karena ada wabah virus corona, Kemensos mempercepat penyaluran bantuan program PKH dan bantuan sosial lainnya.

Istimewa
Tim Kemensos Validasi data penerima PKH di Miangas 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebagai salah satu upaya menangani virus corona (Covid-19) Kementerian Sosial (Kemensos) mempercepat penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama menyatakan PKH tahap kedua akan dipercepat penyalurannya menjadi pertengahan Maret.

Sedangkan penyaluran PKH tahap ketiga akan dimajukan menjadi April.

"Disalurkan juga per bulan yang semula disalurkan per tiga bulan. Sehingga di masa darurat, KPM mendapat manfaat ganda," ujar Asep dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya, penyaluran bantuan PKH tahap kedua akan disalurkan pada April, sementara penyaluran tahap ketiga seharusnya dilaksanakan di bulan Juli.

Tak hanya mempercepat penyaluran bantuan PKH, Kemensos juga akan meningkatkan bantuan program sembako, menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk digunakan daerah yang terdampak Covid-19, memberikan santuan kematian kepada ahli waris, dan membantu kebutuhan APD masyarakat dan petugas.

Lebih lanjut Asep juga mengatakan pemerintah tengah merumuskan berbagai program dan kebijakan untuk turut membantu masyarakat yang tidak ikut dalam program Kemensos.

"Kita percayakan pemerintah akan memberikan langkah nyata untuk menangani masalah yang pernah dihadapi," kata Asep.(*)

Artikel ini telah tayang di KONTAN dengan judul Ada wabah corona, Kemensos percepat penyaluran bansos.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved