Wabah Virus Corona

Gereja Katolik Indonesia Nyatakan Dukungan bagi Pemerintah Lawan Covid-19

Sebagai dukungan kepada pemerintah, rumah-rumah sakit dan tenaga medis Katolik akan mengambil bagian sebagai sukarelawan untuk melawan wabah Covid-19.

ISTIMEWA
Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Romo Adi Prasojo menyampaikan pernyataan dukungan untuk melawan wabah Covid-19 disaksikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah meniadakan ibadah yang bersifat mengumpulkan massa, Gereja Katolik Indonesia mewujudkan dukungan lainnya kepada pemerintah dalam melawan penyebaran virus Corona baru atau Covid-19.

Gereja Katolik Indonesia menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi penuh bersama pemerintah berperang melawan wabah global itu.

Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Romo Adi Prasojo bertemu dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (21/03/2020).

Mengutip warta covidindonesia.com yang dibentuk oleh Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) serta laman BNPB, dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah upaya pelibatan sekaligus dukungan Gereja Katolik dalam penanganan pandemi Covid -19.

Romo Adi mengatakan bahwa Gereja Katolik dan umat Katolik Indonesia senantiasa mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah.

"Gereja Katolik Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia siap bersama-sama melakukan bela negara dan cinta tanah air," ujar dia.

Kata dia, seluruh keuskupan di Indonesia diharuskan untuk meniadakan misa peribadatan harian maupun mingguan dan semua ritual peribadatan yang melibatkan dan mendatangkan banyak orang, baik di tingkat paroki, lingkungan, wilayah dan sebagainya.

Itu rata-rata sudah dilakukan 21 Maret hingga 3 April 2020.

Sesudah periode tersebut, Gereja Katolik Indonesia akan mengevaluasi sesuai kebijakan dan arahan dari pemerintah.

Selanjutnya Romo Adi mengatakan, sebagai dukungan kepada pemerintah, rumah-rumah sakit dan tenaga medis lain akan mengambil bagian sebagai sukarelawan untuk membantu pemerintah melawan wabah pandemik Covid-19.

Halaman
123
Penulis:
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved