Penghapusan Pajak Hotel Tidak Memberatkan Pemkot Manado

Wakil Walikota Manado MOR Bastiaan mengatakan, kebijakan pemerintah pusat ini tidak akan memberatkan pemerintah kota Manado.

TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Mor Bastiaan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan membuat beberapa kebijakan fiskal yang akan akan dilakukan pemerintah untuk mengenjot sektor pariwisata yang terkena imbas Covid-19 diantaranya membebaskan pajak restoran dan hotel selama enam bulan.

Keputusan ini, membuat pengusaha restoran dan hotel tak akan ditagih pajak selama enam bulan ke depan.

Kebijakan Menteri Ini berlaku untuk 10 daerah tempat wisata seperti diketahui diantaranya Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Bintan, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Manado.

Mor Dominus Bastiaan ( MOR) selaku Wakil Wali Kota Manado ketika dihubungi Senin (23/3/2020), diminta menanggapi terkait penghapusan pajak hotel apakah akan memberatkan pemerintah kota Manado.

MOR mengatakan, kebijakan pemerintah pusat ini tidak akan memberatkan pemerintah kota Manado.

"Tidak akan memberatkan pemerintah kota (Pemkot), karena Pemerintah Pusat yang akan memberikan subsidinya kepada Pemerintah Daerah," kata MOR.

Karena baginya yang akan dibayarkan pemerintah pusat, sesuai dengan rencana target penerimaan pajak daerah.

Semenatara Badan Pendapatan daerah kota Manado melalui Lufry Gerungan selaku Kabid pembukuan, pelaporan dan IT mengatakan, kebijakan pemerintah pusat yang menghilangkan pajak hotel dan restoran karena covid-19.

"Kalau dilihat dari presentasi pajak hotel dan restoran pada target pendapatan 2020, pertama pajak hotel ditargetkan 45 milyar sudah terealisasi sebesar 6,8 milyar (15,3 %). Kedua Pajak restoran ditargetkan 92,9 milyar sudah terealisasi sebesar 16,7 M (17,9%)," ucap Lufry.

Ia juga sampaikan total 137.9 Milyar itu hanya pajak hotel dan restoran dari total 352 milyar yang ditargetkan khusus pendapatan di bidang pajak.

"Intinya pemerintah pusat memberikan insentif di daerah untuk pemberlakuan kebijakan itu," tutupnya. (TRIBUNMANADO/FISTEL MUKUAN)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved