Breaking News:

Status ODP Virus Corona di Mitra Alami Peningkatan, Bertambah 10 Orang

Pemantauan perkembangan masuknya gejala Covid-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus mengalami kenaikan

Penulis: Giolano Setiay | Editor: Rhendi Umar
Istimewa
Status ODP Virus Corona di Mitra Alami Peningkatan, Bertambah 10 Orang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemantauan perkembangan masuknya gejala Covid-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus mengalami kenaikan.

Hasil pantauan satuan tugas (satgas) Covid-19 Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Mitra menyatakan, terhitung hari ini Minggu (22/3/2020), sudah ada 10 orang yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP).

Informasi tersebut dikatakan oleh Ketua Satgas Covid-19 Mitra Jani Rolos lewat juru bicara (jubir) Satgas Gloria D Wuwungan saat dikonfirmasi hari ini.

"Memang, terhitung hingga hari ini. Status ODP mengalami penambahan. Dan jumlah yang ada yakni 10 orang," tutur Jubir Satgas Covid-19 Mitra.

Ia menjelaskan, data tersebut diambil dari laporan masyarakat langsung, dikarenakan habis melakukan perjalanan dari daerah terjangkit.

"Artinya semua laporan dari orang-orang yang baru datang dari daerah yang memiliki kasus positif Covid-19 misalnya, Jakarta, Jawa Barat, Perancis, Singapura dan lainnya, masuk dalam pantauan kami selama 14 hari kedepan, dengan menganjurkan untuk melakukan isolasi/karantina mandiri dirumah masing2," terang Wuwungan.

Lanjutnya, “ODP” atau Orang Dalam Pemantauan artinya orang yang baru datang dari daerah terjangkit atau pernah kontak dengan pasien positif Covid19 dan langsung mengalami salah satu gejala seperti demam/batuk/flu/sesak napas.

"Sedangkan untuk “PDP” atau Pasien Dalam Pengawasan artinya orang yang terjangkit dan pernah kontak dengan pasien positif Covid19, hingga mengalami gejala demam ditambah batuk/flu/sesak napas, dan akan dilakukan perawatan di Rumah Sakit Rujukan," terangnya.

Ia mengatakan, untuk status ODP, Nantinya, apabila hasil pantauan yang ada, dan pasien dinyatakan "Sehat", orang yang telah selesai di pantau kesehatannya selama 14 hari sejak kedatangannya dari daerah terjangkit dan tidak menimbulkan gejala serupa.

"Untuk itu, kami berharap. Agar masyarakat yang ada saat ini, yang berstatus ODP tidak benar-benar terjangkit positif Covid-19. Kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar mereka bisa mengisolasi kan diri, saat ini di rumah masing-masing untuk menjauhi wabah virus ini," jelas Wuwungan. (TRIBUNMANADO/GIOALANO SETIAY)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved