Internasional

Stasiun Baru Harajuku Diresmikan, Stasiun Lama Dihancurkan Guna Sambut Olimpiade 2020

"Gedung lama akan dibongkar dan akan dibangun sambungan gedung stasiun yang baru sehingga Stasiun Harajuku menjadi lebih luas lagi nanti," kata Suzuki

Tribunnews.com
Ilustrasi gedung baru Stasiun Harajuku. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemindahan Gedung baru Stasiun Kereta Api Japan Railways (JR) Harajuku berlangsung lancar.

Gedung baru Stasiun Harajuku di Tokyo telah diresmikan.

Gedung lama yang dibangun 96 tahun lalu akan dibongkar sehingga saat ini sudah ditutup.

"Gedung lama akan dibongkar dan akan dibangun sambungan gedung stasiun yang baru sehingga Stasiun Harajuku menjadi lebih luas lagi nanti," kata seorang petugas JR, Suzuki kepada Tribunnews.com, Sabtu (22/3/2020).

Sembilan petugas JR Harajuku kemarin mengucapkan "Terima kasih 96 tahun telah menggunakan stasiun ini," bersama-sama sambil membungkuk tanda terima kasih.

Kemudian secara perlahan rolling door besi pintu masuk stasiun gedung lama ditutup disertai tepuk tangan masyarakat sekitar.

Stasiun Harajuku mulai beroperasi pada tanggal 30 Oktober 1906.

Struktur kayu selesai pada tahun 1924 untuk mengakomodasi pengunjung Kuil Meiji, yang dibangun empat tahun sebelumnya (1904).

"Gedung baru bagus dengan kaca dan steel, tapi saya juga suka gedung model kuno gaya Jepang. Sayang sekali kalau gedung lama itu dibongkar nantinya," kata Uchihara, seorang pelajar Tokyo kepada Tribunnews.com.

Bagi kalangan usia lanjut, usia stasiun yang baru lebih nyaman karena menggunakan tangga berjalan dan lift yang baik sehingga memudahkan kalangan lansia dan juga kaum difabel.

Akses Stasiun Harajuku sangat nyaman antara lain ke jalan-jalan perbelanjaan yang ramai di Takeshita-dori dan Omotesando-dori, serta Kuil Meiji, sebuah situs wisata utama.

Bahkan juga bisa menuju stasiun televisi NHK.

Akses pejalan kaki dari pintu keluar Takeshita-dori di stasiun lama tetap tidak berubah meskipun stasiun baru dibuka.

Sementara itu, kompleks perbelanjaan baru With Harajuku, tepat di seberang jalan dari stasiun, akan dibuka pada 25 April 2020 yang akan menampung toko-toko merek populer lainnya.(*)

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved