Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Sulut : Tidak Ada Lagi Kegiatan Kumpul Massa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan untuk menunda sejumlah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 23 September 2020.

Tribun Manado/Ryo Noor
Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda menjelaskan poin-poin dari penundaan tahapan pilkada, kepada Tribun Manado, Minggu (22/03/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan untuk menunda sejumlah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 23 September 2020.

Penundaan ini ikut berpengaruh pada kebijakan pengawasan pelaksanaan Pilkada serentak.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda mengatakan kebijakan yang dilakukan yaitu mencakup penghentian tahapan pelantikan PPS, verifikasi dukungan pemilih terhadap bakal calon perseorangan, pencocokan dan penelitian pemutakhiran data pemilih, merupakan keputusan yang bijaksana.

"Ini dilakukan sebagai bentuk upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) lebih luas lagi," jelas Malonda kepada Tribun Manado, Minggu (22/03/2020)

Dikatakan Malonda, dengan adanya penundaan tersebut, dirinya menegaskan tidak ada lagi kegiatan terkait mengumpulkan massa.

"Ini bertujuan untuk melindungi penyelenggaraan pemilu," tegas Malonda.

Lanjutnya, penundaan ini juga menjadi waktu untuk mempersiapkan diri bagi jajaran Pengawas Pemilu (Panwaslu) meningkatkan kapasitas, mempelajari dan memahami regulasi serta meningkatkan kemampuan memetakan potensi pelanggaran dalam pemilihan.

"Sehingga pengawas pemilu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sambil menunggu tahapan lanjutan, sambil menunggu situasi membaik kedepan," terang Malonda.

Terkait dengan kebijakan anggaran, Malonda mengatakan, kegiatan yang ditunda, anggarannya nanti akan dipakai setelah adanya tahapan lanjutan.

"Itu anggaran operasional nanti digunakan setelah adanya tahapan lanjutan," pungkasnya. 

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved