Sejumlah Pesta Nikah Batal Akibat Covid-19

Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sulawesi Utara (Sulut), moment pernikahan harus ditiadakan untuk sementara waktu.

Istimewa
Ilustrasi Pernikahan 

TRIBUNMNAADO.CO.ID - Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sulawesi Utara (Sulut), moment pernikahan harus ditiadakan untuk sementara waktu.

Hal tersebut diikuti setelah dikeluarkannya edaran pemerintah pusat yang ditindak lanjuti pemerintah kabupaten (Pemkab) Mitra oleh instruksi Bupati James Sumendap SH, yang mengharuskan warganya tak melakukan aktifitas keramaian.

Langkah ini dilakukan, guna mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di Kab Mitra.

Dikarenakan salah satu penyebab terjangkitnya virus ini adalah kontak secara langsung, yang mana kontak langsung itu harus dihindari.

Asisten I Kepemerintahan Setdakab Mitra Jani Rolos saat dikonfirmasi pada hari ini Jumat (20/3/2020), membenarkan instruk dari Bupati James Sumendap.

"Memang sebelumnya telah dikeluarkan edaran terkait larangan warga membuat acara yang bisa mengundang keramaian. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke Kabupaten Mitra. Dan itu instruksi Bupati untuk keamanan kita semua," tutur Rolos.

Diketahui, menanggapi edaran tersebut. Sebelumnya telah digelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pemkab (Mitra) yang di pimpin Asisten I bersama sejumlah dinas dan kecamatan terakit larangan yang dikeluarkan.

Dari hasil rapat tersebut, sejumlah laporan yang masuk diwilayah yang ada, langsung dihimbau Pemkab untuk sementara ini, ditunda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Termasuk dalam laporan yakni ada sejumlah pasangan nikah yang telah mengatur jadwal penikahan. Dan memang diinstruksikan untuk tidak melakukan pesta pernikahan dalam masa waktu yang ditentukan. Ini untuk mencegah Covid-19," terang Rolos.

Untuk itu Pemkab Mitra berharap, agar masyarakat bisa menyikapi instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk langkah meminimalisir masuknya Covid-19 di Tanah Patokan Esa.

"Untuk masyarakat yang sudah terlanjur merencanakan acara resepsi dalam waktu dekat ini, diharapkan bisa memaklumi situasi yang ada. karena ini untuk kepentingan kita semua dalam mecegah Covid-19," pungkas Asisten I

Bahkan menurut laporan dari sejumlah wilayah. Saat ini dihentikan semua bentuk aktifitas pertemuan umum selama masa karantina yang diberlakukan pemerintah.

"Diharapkan juga, masyarakat bisa berdayakan Satgas Covid-19 Mitra yang dibentuk. Sehingga segala bentuk laporan terkait Covid-19 bisa langsung ditangani bila, ada gejala yang timbul, masyarakat diminta untuk melaporkan ke Posko Satgas yang ada di RSUD Mitra Sehat atau hubungi layanan call center yang ada," tutup Rolos. (Ano)

Ini Hasil Jepretan dengan Menggunakan 48MP AI Quad Camera Vivo V19

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved