Virus Corona di Korut

Kim Jong Un Klaim Virus Corona di Korea Utara 0 Kasus, Pakar: Sangat Mustahil!

Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa tida ada satu pun kasus virus corona yang ada di negara mereka.

Internet via tribunbali.com
Korea Utara klaim virus corona 0 kasus di negara mereka. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa tida ada satu pun kasus virus corona yang ada di negara mereka.

Pakar menyebut klaim Korea Utara ( Korut) ini sebagai sesuatu yang mustahil.

Dalam pernyataannya, Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un menyatakan 30 hari karantina, penutupan perbatasan, dan penghentian dagang dengan China membuat mereka bebas dari virus.

Ia mengklaim, tidak adanya wabah virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu dikarenakan mereka berjuang demi "keselamatan bangsa".

Tidak hanya memutus perbatasan dengan China, Pyongyang juga menerapkan aturan ketat bagi diplomat hingga staf internasional.

Mereka menyatakan, terisolasinya mereka dari dunia justru menyelamatkan mereka dari wabah yang telah menjangkiti 204.000 orang di muka Bumi ini.

Namun Jung H Pak, mantan pakar Badan Intelijen AS (CIA) soal Korea Utara tidak memercayai klaim yang dibuat oleh negara komunis itu.

"Sangat mustahil bagi Korut jika mereka tidak mempunyai satu pun kasus virus corona," jelas Pak seperti dikutip Fox News Selasa (17/3/2020).

Pakar yang kini bekerja di Institut Brookings itu berujar, Kim Jong Un berbohong bahwa dia bisa melindungi rakyatnya dari wabah.

Sebabnya selama bertahun-tahun, sanksi ekonomi yang diterima Pyongyang dia sebut menyulut pelanggaran HAM, kejahatan siber, hingga upaya menentang denuklirisasi.

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved