Berita Mitra

Selangkah Lagi, Ratatotok Segera Miliki Koperasi Pertambangan, Suak: Ini Kepedulian Bupati

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ratatotok, Mitra terkait izin pertambangan, selangkah lagi segera rampung

Istimewa
Bupati Mitra dan Jajaran Pengurus Amalitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, terkait izin pertambangan, selangkah lagi segera rampung.

Langkah ini juga diterima masyarakat, yang saat ini terus berupaya mengurus perizinan, agar bisa melakukan aktivitas pertambangan di wilayah tersebut.

Ketua Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang (Amalitra) Valdy Suak mengaku sangat mengapresiasi Bupati Mitra James Sumendap dalam hal ini.

"Kami akan ikut arahan Bupati, kami tahu semua ini karena kepedulian Bupati kepada kami masyarakat," ujar Ketua Amalitra, Kamis (19/3/2020).

Ini Surat Edaran Bupati Minut untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Lanjutnya, terkait perijinan ditahap Kabupaten sudah sebagian selesai.

"Akta koperasi dan pengesahan Kemenkumham sudah ada. Di perizinan satu pintu juga sudah selesai," kata dia.

Menurutnya, sesuai arahan Bupati, pihaknya akan pergi ke Dinas Kehutanan. "Kita tinggal ke Dinas Kehutanan, kemudian kita kembali ke Kabupaten lagi. Intinya sudah 90 persen, dan itu semua berkat Bupati," jelasnya.

Ia juga mengatakan, agar masyarakat yang menambang untuk menahan diri.

Harga Gula di Kotamobagu Naik, Tim Gabungan Pemkot Gelar Operasi Pasar

"Jangan ada yang bersikap anarkis dan lain-lain. Pemerintah sedang membantu kita semua, dan sebelum izin keluar, kita jangan dulu beraktivitas. Kan pengurusan sudah hampir selesai," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati James Sumendap mengatakan, pihaknya tidak akan mempersulit masyarakat.

"Intinya urus semua kelengkapan, kita akan bantu tetapi saya tegaskan agar tidak menggunakan merkuri, dan tidak melakukan penambangan di area kebun raya atau di lokasi penghijauan eks newmont," tegas Bupati.

Ia juga mengingatkan kepada para penambang manual untuk perhatikan terhadap lingkungan. "Baik keselamatan, lingkungan juga harus diperhatikan," jelas JS. (Ano)

Syahrini Isolasi Diri Bersama Sang Suami, Pamer Pemandangan Depan Rumah, Ada Helikopter Terparkir

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved