Berita Boltim

Musrenbang Kabupaten Boltim dalam Rangka Penyusunan Rancangan Akhir RKPD Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Bapelitbangda Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah

Tribun manado / Siti Nurjanah
Suasana musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Boltim Tahun 2020, dalam Rangka Penyusunan Rancangan Akhir RKPD Tahun 2021, di lantai tiga, kantor Bupati Boltim, Rabu (18/3/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Bapelitbangda Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Boltim Tahun 2020, dalam Rangka Penyusunan Rancangan Akhir RKPD Tahun 2021, di lantai tiga, kantor Bupati Boltim, Rabu (18/3/2020).

Misrenbang RKPD tahun 2021 tersebut mengambil tema 'Pemantapan infrastruktur, sosial, ekonomi dan kepariwisataan yang berdaya saing didukung pemerataab sumber daya manusia berbasis pedesaan menuju Bolaang Mongondow Timur cerdas, sehat dan kreatif'.

Musrenbang dipimpin langsung Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, yang didampingi Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, Sekda Pemkab Boltim Sonny Waroka, Ketua DPRD Boltim Fuad S Landjar dan Kapolres Boltim yang diwakili Wakapolres Boltim Kompol Muhamad Monoarfa serta diikuti oleh seluruh anggota DPRD Boltim, para kepala dinas SKPD, ASN, Camat dan Sangadi.

BREAKING NEWS: Politisi PDI Perjuangan di Bolsel Terjerat Kasus Narkoba

Kegiatan musrenbang juga dihadiri Kabid Perencanaan Wilayah Bappeda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Danny Karouw.

Bupati Boltim Sehan S Landjar mengatakan, forum musrenbang ini mempunyai arti penting, sebab melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang akan dilaksanakan tahun 2021 nanti.

"Saya berharap momentum pelaksanaan kegiatan Musrenbang pada hari ini, bukan sekadar aeremonial belaka tetapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai wadah pentaluran pemikiran yang konstruktif, kreatif dan inovatif, oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada di daerah ini, utamabya para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Boltim," ujarnya.

China Umumkan Pasien Pertama Terinfeksi Virus Corona, Usia 55 Tahun, Tinggal di Provinsi Hubei

Menurutnya, hal itu agar tujuan dan sasaran dari pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat, memiliki makna serta mempunyai muatan yang jelas, terukur, tepat sasarsn dan memberi nilai tambah terhadap pertumbuhan ekonomi bagi kemajuan pembangunan daerah.

"Disamping itu pula dalam konteks pelaksanaan Musrenbang kali ini, saya perlu tekankan kepada kita semua yang terlibat dalam proses perencanaan pembanginan pada hari ini, untuk selalu taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam proses perencanaan, merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan yang terkait serta sinkton dengan visi dan misi daerah yang telah ditetapkan," jelasnya.

Lanjutnya, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

"RKPD tahun 2021 yang pada hari ini kita bahas memiliki makna penting dan strategis bagi pemerintah daerah dan masyarakat Boltim, karena RKPD ini merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang lebih terfokus pada penajaman tujuan dan sasaran yang hendak dicapai," ujarnya.

Begini Cara Siswa di Bitung Belajar dari Rumah

Sementara itu, Kabid Perencanaan Wilayah Bappeda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Danny Karouw mengatakan, tujuan musrenbang adalah mempertemukan maunya dari para peneliti atau tenaga ahli yang dipakai Bapelitbangda yang menyusun rencana awal dengan masukan-masukan dari pada stakeholder baik yang ada di desa dan kecamatan kemudian ditopang dengan kebijakn kebijakan dari perwakilan sektor-sektor di pusat.

"Maunya masyarakat apa yang ada di RPJMD, ada sewa tenaga ahli torang kocok sama-sama ini yang disesuaikan, dan kita ketuk sama-sama," ujarnya.

Lanjutnya, baik pihak Pemkab dan DPRD harus bisa bersinergi karena apa yang direncanakan atau disusun merupakan program lima tahun ke depan.

Dalam kegiatan musrenbang tersebut juga sekaligus penyerahan aspirasi dari hasil resesDPRD masa persidangan pertama, yang di mana dalam laporan tersebut terdapat beragam perencanaan pembangunan untuk Boltim lewat aspirasi masyarakat Boltim. (ana)

Kader Terbaik Nasdem Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved