News

Yang Akan Dilakukan Terhadap Tahanan, Narapidana di Lapas, Rutan dan LPKA, Instruksi Kemenkumham

Lapas, rutan dan LPKA sudah berada di zona merah, saat Kepala UPT telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Istimewa Via Tribunnews.com
Nugroho, Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan, dalam rapat dengan Pimpinan Tinggi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kanwil DKI Jakarta dan Kanwil Banten, yang digelar di Ruang Sahardjo, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Minggu (15/3/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Instruksi khusus kemenkumham untuk tindakan yang dilakukan di lapas, rutan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). 

Hal itu terkait penanganan penyebaran virus corona di Indonesia. 

Sejumlah tindakan akan dilakukan. 

Akan dilakukan pemeriksaan terhadap tahanan dan narapidana sebagai langkah pencegahan. 

"Bapak Menteri telah membuat instruksi khusus menghadapi kondisi terkini, khususnya dalam pencegahan, penangangan, pengendalian dan pemulihan penyebaran Covid-19 di lapas, rutan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)," ungkap Nugroho, Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Hal itu dia sampaikan dalam rapat dengan Pimpinan Tinggi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kanwil DKI Jakarta dan Kanwil Banten, yang digelar di Ruang Sahardjo, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Minggu (15/3/2020).

"Hari ini kami telah mengeluarkan draft Instruksi Menteri tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Penyebaran Covid-19 Virus Corona di lapas, rutan dan LPKA," tambah Nugroho.

Nugroho menegaskan terdapat empat langkah dalam menghadapi penyebaran Covid-19, yaitu Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan.

"Status lapas, rutan dan LPKA merujuk pada empat kondisi tersebut, adalah zona kuning dan merah," ujarnya.

Zona kuning adalah kondisi di mana di daerah tersebut melakukan tindakan pencegahan dan penanganan, seperti sosialisasi, penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana-sarana deteksi (pengukur suhu tubuh), penyediaan sarana cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved