News

Ilmuwan Peringatkan Ancaman Besar Karena Banyak Es Yang Ditumpahkan

Menurut penilaian yang dilakukan oleh 89 peneliti, kondisi tersebut sedikitnya telah meningkatkan volume air laut hampir dua sentimeter.

expeditiongreenland.com
Ilustrasi- Greenland 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Peringatan untuk banyak orang dari ilmuwan. Akan ada ancaman besar. 

Penyebabnya karena situasi terkini, semakin banyaknya es yang ditumpahkan Greenland dan Antartika.

Kejadian banyaknya es yang ditumpahkan membuat adanya ancaman kenaikan permukaan air laut secara ekstrem akan dapat terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Melansir Phys, Jumat (13/3/2020), es yang ditumpahkan Greenland dan Antartika menunjukkan lompatan enam kali lebih banyak dari selama tahun 1990-an.

Hal ini mendorong kenaikan permukaan laut yang bisa saja menjadi penyebab banjir tahunan pada tahun 2100 di daerah-daerah yang dihuni 400 juta orang.

Para peneliti menunjukkan lapisan es yang sangat tebal dengan berat di atas massa daratan di planet ini mulai terkikis sebanyak 6,4 triliun ton massa dari tahun 1992 hingga 2017.

Menurut penilaian yang dilakukan oleh 89 peneliti, kondisi tersebut sedikitnya telah meningkatkan volume air laut hampir dua sentimeter.

Gelombang panas Arktik pada musim panas lalu, kemungkinan akan melampaui rekor 2011.

Pada saat itu, seperti dilaporkan dalam jurnal Nature, lapisan es kutub menghilang sebanyak 552 miliar ton.

Hilangnya es kutub sebanyak itu, kurang lebih setara dengan delapan kolam Olimpiade yang mengalir ke lautan setiap detik.

Halaman
123
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved