Berita Nasional

WHO Tetapkan Virus Corona Sebagai Pandemi Global, Pemerintah Akan Buat Kebijakan

Terkait keputusan WHO yang menyatakan virus corona sebagai pandemi global, pemerintah RI akan membuat kebijakan terkait hal tersebut.

Tribunnews.com/ Rina Ayu
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seperti yang sudah diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan virus corona Covid-19 sebagai pandemi global.

Terkait keputusan tersebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah Indonesia akan mengeluarkan kebijakan.

"Intinya itu sebuah ketentuan WHO yang menjadikan rujukan utama, dari Kemenkes pasti mengantisipasi tentang hal itu," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Tidak hanya Kemenkes, Kantor Staf Presiden juga sudah melakukan sejumlah langkah.

Menurut Moeldoko, KSP sedang mengundang semua potensi di perguruan tinggi, masyarakat, komunitas kesehatan, kumpulan dokter-dokter, untuk bersama menyelesaikan persoalan ini.

"Jadi kita tidak bertumpu kepada Dinkes, Kemenkes, tapi juga bagaimana teman-teman yang tersebar di perguruan tinggi terutama yang ilmu kesehatan," ujar Moeldoko.

"Besok akan kami undang agar persoalan ini menjadi masif kita bergerak," lanjut dia.

Moeldoko juga menegaskan bahwa Indonesia telah mempunyai protokol dalam mengantisipasi virus corona ini.

Protokol yang disusun itu terbagi menjadi protokol kesehatan, protokol di area pendidikan, protokol area dan transportasi publik, hingga protokol komunikasi para pejabat.

Ia berharap masyarakat dan semua pihak terkait mengikuti protokol tersebut.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved