Berita Politik

Poros Baru 'Tantang' PDIP dan Nasdem

Ada 8 parpol yang menempatkan sejumlah wakilnya di parlemen hasil pemilu Pileg 2019 lalu.

Shutterstock
Ilustrasi pemilu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah elite partai politik (parpol) di Kota Bitung, yang menempatkan para wakilnya duduk di parlemen Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) mengidamkan adanya poros baru dalam kontestasi Pilkada pemilihan Walikota dan wakil walikota Bitung tahun 2020.

Ada 8 parpol yang menempatkan sejumlah wakilnya di parlemen hasil pemilu Pileg 2019 lalu.

PDIP perkasa dengan 8 kursi disusul paratai Nasdem 7.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari komposisi pada periode 2014-2019 di mana PDIP dan Nasdem masing-masing meraih 4 kursi.

Jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk mengusung calon sendiri di Pilkada nanti, karena dalam aturan 20 persen dari jumlah 30 kursi di DPRD dan 25 persen suara sah di DPRD.

Sementara PKP Indonesia dengan 5 kursi, partai Golkar 4 kuris, PAN dan Demokrat 2 kursi serta Gerindra dan Perindo masing-masing 1 kursi harus koalisi supaya dapat mengusung calon sendiri.

Elit partai PKPI dan Gerindra tengah membangun koalisi untuk membentuk poros baru.

Dua partai ini gencar melakukan komunikasi politik baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sekretaris DPK PKPI Bitung Vesco Dandel dan Herry Tobangen sekretaris DPC Gerindra Kota Bitung, setiap hari kerap bertemu dan bercakap-cakap di DPRD Bitung karena keduanya menjabat staf ahli fraksi.

Jika upaya dan langkah-langkah yang dilakukan para elit partai terwujud, kedua partai berlambang kepala burung Garuda bisa mengusung calon.

Halaman
1234
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved