Berita Nasional

Tak Lagi Masuk ke Dalam Struktur Kepengurusan PAN, Posisi Amien Rais Tetap yang Tertinggi

"Walaupun mungkin tidak ada distruktur, tetapi fungsi dan keberadaannya tidak ada yang bisa menandingi," ujar Yandri.

(KOMPAS.com/Haryantipuspasari)
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mencoba menenangkan para kader yang gontok-gontokan di Rakernas V PAN di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (7/12/2019) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski tidak lagi masuk ke dalam struktur kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025, posisi Amien Rais tetap menjadi yang tertinggi di partai.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh politikus PAN, Yandri Susanto.

Posisi Amien sebelumnya sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN, tetapi Ketua Umum terpilih Zulkifli Hasan menggantinya dengan menujuk Soetrisno Bachir.

"Walaupun mungkin tidak ada distruktur, tetapi fungsi dan keberadaannya tidak ada yang bisa menandingi. Jadi Pak Amien, tetap yang tertinggi," ujar Yandri saat dihubungi, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Yandri menyebut, secara subtansi sosok Amien tidak ada yang bisa menggantikannya, karena dirinya merupakan pendiri partai dan tokoh sentral di dalam PAN.

"Tapi kalau distruktur, mungkin ada rotasi atau pengkaderan. Dan semuanya, kader Pak Amien, mas Tris (Soetrino Bachir) kader Pak Amien, Bang Hatta Rajaya kader Pak Amien, kami semua kan kader Pak Amien," tutur Yandri.

Menurut Yandri, secara resmi kepengurusan PAN sebenarnya belum diumumkan oleh Zulkifli, selaku ketua umum yang memiliki hak formatur tunggal dalam penyusunan pengurus partai.

"Kalaupun memang ada beberapa nama yang tidak masuk, ada beberapa nama yang masuk, saya sampaikan slot untuk jadi pengurus tentu terbatas," ujar Yandri.

Sebelumnya, Ketua umum terpilih DPP PAN Zulkifli Hasan mengaku telah selesai menyusun struktur kepengurusan PAN periode 2020-2025.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini membocorkan susunan kepengurusan yang rencananya dilantik pada 25 Maret mendatang.

Ia menyebut Soetrisno Bachir akan menggantikan posisi Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN.

Sementara itu, Eddy Soeparno tetap menjadi Sekjen PAN dan Yandri Susanto dipilih sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Politikus PAN: Tak Masuk Struktur Kepengurusan, Posisi Amien Rais di PAN Tetap yang Tertinggi.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved