Editorial Tribun Manado

Babak Baru Rakyat Talaud

Ribuan warga Talaud sudah cukup lama ditinggalkan kepala daerah yang definitif. Selama beberapa tahun, masyarakat dipimpin oleh pelaksana tugas.

Istimewa
Mendagri lantik Bupati dan Wakil Bupati Talaud Terpilih 

TRIBUNMANADO.CO.ID - BABAK baru pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Talaud dimulai dengan ditandai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Parapaga, oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemenddagri), Rabu (26/2/2020).

Terlepas pro dan kontra, perbedaan pandangan dan argumentasi yuridis para pakar hukum tata negara dan pemerintah daerah serta pemerintah pusat, setidaknya pelantikan kepala daerah tersebut diharapkan bisa membawa angin segar, membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat di kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe pada 2002 itu.

Melalui pelantikan itu setidaknya menjadi momen istimewa bagi semua pihak, untuk bergandengan tangan lagi, untuk berangkulan lagi dan sekaligus mengeratkan persaudaraan untuk menghadapi tantangan yang lebih besar sekaligus menjawab tuntutan dan harapan ribuan masyarakat di Talaud.

Ego sektoral, kepentingan politik sesaat harus sama-sama diletakkan dan ditinggalkan untuk menyongsong hajat yang lebih besar dari itu semua. Yakni menghadirkan kesejahteraan bagi warga yang berada di wilayah itu.

Selain memberikan pelayanan yang maksimal, kehadiran pemerintah di tengah-tengah rakyat juga untuk memberikan kesejahteraan, meningkatkan taraf hidup yang lebih baik serta mengajak dan sekaligus memupuk rasa persaudaraan demi kehidupan yang lebih tenteram.

Itulah yang lebih diperlukan masyarakat secara luas untuk mengarungi kehidupan setiap hari dibanding persoalan-persoalan lain. Selain masyarakat sudah lebih terbuka menerima informasi, rakyat sekarang ini juga lebih rasional dalam menjalani kehidupan.

Elly dan Olly: 30 Menit Penuh Canda Tawa

Ribuan warga Talaud sudah cukup lama ditinggalkan kepala daerah yang definitif. Selama beberapa tahun, masyarakat dipimpin oleh pelaksana tugas karena serentetan persoalan yang dihadapi pemkab.

Oleh karena itu, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu diharapkan menjadi babak baru di pemerintah daerah maupun di kalangan masyarakat. Bagaimanapun juga kesejahteraan masyarakat jauh lebih penting. Kehadiran kepala daerah yang definitif itu sudah bisa dipastikan diharapkan rakyat untuk mewujudkan hal tersebut.

Karena kepala daerah yang definitif tentu memiliki kekuatan yang sangat besar dalam memberikan arah dan warna terhadap wilayah yang dipimpinnya. Termasuk dalam hal upaya-upaya untuk menghadirkan kesejahteraan yang selalu diharapkan rakyatnya.

Bupati Talaud Temui Gubernur Sulut, Elly: Sudah Clear, Stop Semua

Dengan begitu, solusi pertama yang harus dilakukan untuk menapaki babak baru tersebut adalah bergandengan tangan kembali, meningkatkan tali persaudaraan agar lebih mudah mewujudkan harapan dan impian-impian masyarakat luas. Karena jika tidak begitu, pemerintah akan kesulitan mewujudkan harapan dan program-program kerja yang sudah disiapkan.

Karena bisa dipastikan, secara ideal tujuan seorang pemimpin itu bisa membawa pembaharuan yang lebih baik terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Termasuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, sehingga kebersamaan dan kerukunan menjadi pilar yang cukup penting untuk merealisasikan dambaan warga.

Semoga pemimpin yang baru dilantik dan diambil sumpahnya itu bisa mewujudkan harapan rakyat Talaud. Termasuk janji-janji politik yang pernah disampaikan saat mencari simpatik dan dukungan masyarakat sebelum pilkada. (*)

Penimbun Masker Dipidana 5 Tahun Penjara

Ahok Calon Kepala Otoritas Ibu Kota Baru

Lapas Manado Tergenang, Kalapas dan Jajaran Pindahkan Warga Binaan

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved