Banjir Jakarta

Tadi Malam Ada Tanggul Yang Bocor, Membuat Pemukiman Warga RW 03 Terendam Banjir

Derasnya hujan yang mengguyur saat bocor membuat debit air Kali Cipinang dalam waktu singkat membanjiri permukiman warga.

ISTIMEWA/Dokumentasi Sudin PKP Jakarta Timur
Personel Sudin PKP Jakarta Timur yang disiagakan di permukiman warga terdampak banjir akibat bocornya tanggul Kali Cipinang, Minggu (1/3/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tadi malam, Minggu (1/3/2020) ada tanggul yang bocor.

Hal itu membuat air dari Kali Cipinang di Jalan Garuda III, RT 06/RW 03, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas masuk ke permukiman warga. 

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kebocoran dilaporkan pukul 21.10 WIB.

"Ada retakan pada tembok pembatas Kali Cipinang sehingga debit air masuk ke permukiman warga sekitar," kata Gatot di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/3/2020).

Derasnya hujan yang mengguyur saat bocor membuat debit air Kali Cipinang dalam waktu singkat membanjiri permukiman warga.

Saat dilaporkan, ketinggian air yang merendam permukiman warga RW 03 bahkan sudah berkisar 50-150 sentimeter.

"Namun belum ada permintaan evakuasi dari warga. Dua unit light rescue berikut delapan personel, dan ambulans dikerahkan ke lokasi," ujarnya.

Meski hingga pukul 22.41 WIB belum ada permintaan evakuasi, jajaran Sudin PKP Jakarta Timur tetap bersiaga di lokasi.

Gatot menuturkan personel disiagakan karena letak permukiman yang terdampak berupa gang sehingga tak bisa dilalui perahu karet.

"Bila membutuhkan evakuasi akan dilakukan secara manual. Karena aksesnya sulit, melewati gang yang tidak muat oleh perahu karet," tuturnya.

Penanganan tanggul yang bocor pun kini sedang diupayakan oleh jajaran Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur dan petugas lainnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Tanggul Kali Cipinang Bocor, Warga Cibubur Kebanjiran 1,5 Meter

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved