Kesbangpol Minta Pihak Imigrasi Seriusi Keberadaan WNA di Wilayah Tambang

Untuk itu, pihaknya berharap. Agar koordinasi antara Kesbangpol dan Imigrasi bisa terus terjalin.

Tribun Manado
Kaban Kesbangpol Mitra Phebbe Punuindoong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keberadaan warga negara asing (WNA) di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus menjadi perbincangan. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya tensi kerawanan diwilayah pertambangan Kecamatan Ratatotok.

Pasalnya, aktivitas penambangan diwilayah tersebut turut serta dengan adanya aktivitas WNA disekitar tambang.

Hal tersebut, membuat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Minahasa Tenggara (Mitra) terus meningkatkan pengawasan diwayah yang berpotensi konflik tersebut.

Saat dikonfirmasi Selasa (25/2/2020) Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol, Phebbe Punuindoong berkata terus melakukan pemantauan.

"Kami sudah melakukan beberapa pengawasan untuk orang asing diwilayah Ratatotok. Dan pihak kami juga, sudah melaporkan aktivitas ini ke pihak imigrasi, agar supaya ditindak lanjuti," terang Punuindoong.

Sementara itu, terkait konflik yang terjadi diwilayah pertambangan baru-baru ini. Pihaknya terus melakukan kerja sama dan koordinasi dengan pihak kepolisian Mitra.

Lepas dari itu, laporan dari kecamatan Ratatotok, pada akhir tahun 2019 tercatat, WNA terutama warga Tiongkok didaerah pertambangan itu capai 52 orang.

"Data pada akhir tahun lalu memang seperti itu. Namun laporan pada Februari 2020 ini, WNA mulai berkurang usai hari raya imlek," ungkap Kaban.

Untuk itu, pihaknya berharap. Agar koordinasi antara Kesbangpol dan Imigrasi bisa terus terjalin.

"Pihak kami selaku badan terkait hanya bisa melakukan koordinasi terkait informasi yang ada. Kemudian kan diserahkan ke pihak berwenang yang menjadi tugas imigrasi untuk segera tuntaskan masalah orang asing dilokasi tambang ratatotok," kunci Punuindoong. (Ano)

BERITA TERPOPULER :

 KRONOLOGI 77 Siswa Seminari Dipaksa Makan Kotoran oleh Pendamping: Kami Pasrah & Tak Bisa Melawan

 VIDEO, Terharunya Al Ghazali Saksikan Ahmad Dhani Cium Pipi Maia Estianty, Al: Sangat Bahagia

TONTON JUGA :

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved