Pendiri Partai Demokrat Tutup Usia: Wagub Kandouw Doakan Almarhum Ventje Rumangkang

Kabar duka datang dari salah satu keponakan almarhum Ventje Rumangkang, Isye Rende. Ventje diketahui meninggal dunia

Pendiri Partai Demokrat Tutup Usia: Wagub Kandouw Doakan Almarhum Ventje Rumangkang
Tribun manado / Ryo Noor
Wagub Steven Kandouw 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar duka datang dari salah satu keponakan almarhum Ventje Rumangkang, Isye Rende. Ventje diketahui meninggal dunia pada Senin (24/2/2020) di RS Pondok Indah Jakarta Selatan dan disemayamkan di Rumah Duka di Siloam Semanggi. Rencana dimakamkan di San Diego Hills pada Kamis pekan ini.

Bagi pihak keluarga, sosok mendiang Ventje merupakan seorang panutan yang sangat dikagumi oleh semua kalangan masyarakat baik dari para pemangku kebijakan hingga ke seluruh bagian keluarga dan saudara.

DPP Golkar Pilih Tetty Maju Pilgub: Calon Independen Tarung di 4 Daerah

"Perjuangan hidupnya yang panjang dengan segala dinamika yang dialami suka duka, pahit manis kehidupan sudah beliau alami. Hal itu menjadi kesaksian kami keluarga bagaimana dia memiliki iman yang teguh kepada Tuhan, beliau adalah pribadi yang selalu mengandalkan Tuhan," ujar Isye.

Ia juga mengatakan, pernah mengalami pengalaman berharga dengan sosok almarhum, dimana saat itu ia sempat mengikuti perjalanan hidup di masa kepemimpinan Ventje.

"Saya pernah tinggal dengan beliau sekitar tahun 2002-2005 di Jakarta dan banyak pengalaman yang didapat. Salah satunya saya pernah bekerja di perusahaan beliau, banyak hal yang dia teladankan termasuk waktu saya ikut perjalanan ke Bali waktu Kongres Partai Demokrat (PD) di tahun 2004 saya menyaksikan banyak orang yang mau bertemu dengan beliau cuma sekadar sharing pengalaman hidup," katanya.

Isye menambahkan, berdasarkan pengamatannya dalam kehidupan Ventje yang sangat religius. Saat itu, dirinya tinggal di rumahnya almarhum, ia selalu melihat sosok yang tengah memimpin keluarganya berdoa bersama kala sebelum makan.

"Kalau di Sulut ada ungkapan si tou tumou tou yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain, dan saya bangga ungkapan tersebut pernah dialamatkan kepada beliau," ungkapnya.

2.624 Orang Meninggal Dunia karena Virus Corona, Tercatat Mewabah di 35 Negara

Ia beserta keluarga pun sangat berduka atas kepergian salah seorang yang telah memberikan teladan kepada keluarganya dan merupakan kebanggaan keluarga.
"Pastinya sangat berduka dan sangat kehilangan beliau memiliki pribadi yang lembut sangat peduli dengan keluarga, di keadaan sakitpun dia masih memikirkan keluarga," tandasnya.

Dalam perjalanannya sebagai seorang birokrat, diketahui Ventje merupakan Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD). Ventje juga dikenal sebagai seorang politisi dan pengusaha asal Minahasa.

Alm Ventje Rumangkang semasa masih hidup
Alm Ventje Rumangkang semasa masih hidup (TRIBUNNEWS.COM)

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Tribunmanado.co.id, Isye mengatakan di tahun 2004 ketika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden RI untuk yang pertama kalinya, beliau menawarkan posisi menteri kepada Ventje.

"Tapi waktu itu dia menolak katanya biarkanlah dia tetap menjadi pengusaha, dia cukup puas melihat generasi-generasi muda yang dia bantu menjadi sukses," kenangnya.

Putra kawanua asal Leilem, Minahasa, kembali ke sang khalik. Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw menyampaikan dukacita atas musibah yang menimpa keluarga. "Masyarakat Sulut sangat kehilangan. Almarhum Ventje Rumangkang adalah salah satu putra terbaik Sulut," ujar politisi PDIP ini.

Vence dikenal sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD). Sang anak, Vera Febyanthy juga terjun ke dunia politik dan menduduki posisi Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat.

Grand Final Indonesian Idol X, Rossa Gantikan Kursi BCL

Kader Partai Demokrat, Mor D Bastian mengatakan turut berdukacita atas meninggalnya Ventje. "Tentu kami sebagai kader Partai Demokrat turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Ventje Rumangkang. Beliau bukan saja pendiri Partai Demokrat tapi banyak membantu orang Manado menjadi sukses di Jakarta," kata Mor, Senin (24/2/2020).

Lanjutnya, mewakili PLT Ketua DPD beserta seluruh jajaran pengurus dan kader Partai Demokrat Sulut mengucapkan turut berduka cita yang sedalam dalamnya. "Kiranya keluarga diberikan ketabahan dan penghiburan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya. (fer/eas/ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved