Selamatkan Yaki Turut Serta Hadir pada Festival Budaya Pesona Gunung Payung di Minsel

Festival budaya ini berlangsung di Mopolo, Ranoyapo, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut) pada 21 Februari 2020 sampai 22 Februari 2020.

Istimewa
Kegiatan hari pertama Festival Budaya Pesona Gunung Payung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Program Selamatkan Yaki turut berpartisipasi dalam Festival Budaya Pesona Gunung Payung di Desa Poopo.

Festival budaya ini berlangsung di Poopo, Ranoyapo, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut) pada 21 Februari 2020 sampai 22 Februari 2020.

Berdasarkan siaran resmi dari Selamatkan Yaki yang diterima Tribun Manado, Minggu (23/02/2020), acara tersebut berlangsung dengan baik.

Pada hari pertama festival ini berlangsung dengan lancar dan baik.

Dengan diisi kegiatan mendirikan tenda edukasi tentang monyet hitam Sulawesi atau biasa dikenal Yaki dan satwa liar yang dilindungi di Sulut.

Selain itu, diikuti pula oleh anak-anak yang melakukan kegiatan mewarnai dan belajar tentang mencintai alam serta satwa liar termasuk Yaki.

Salah satu yang menjadi daya tarik yaitu dalam festival budaya ini ialah Parade Molay.

Budaya mawolay yang dulunya adalah adalah topeng-topengan untuk mengusir hama (saat itu Yaki dan satwa liar lainnya) dan dipasang di kebun masyarakat serta diarak mengelilingi desa.

Selanjutnya, tim Selamatkan Yaki bersama para wisatawan, pencinta alam dan mahasiswa memulai pendakian ke gunung payung sekira pukul 20.00 Wita malam itu.

"Betapa perlunya kita bersama merasa bangga dan bersyukur dengan keindahan alam Gunung Payung," kata Harry Hilser, Programme Director Selamatkan Yaki, Jumat (21/02/2020).

Ia mengimbau, agar masyarakat serta pengunjung menjaga kebersihan dan kelestarian di Gunung Payung.

Kegiatan di puncak Gunung Payung ditutup dengan deklarasi untuk tidak akan berburu Yaki untuk dijadikan konsumsi.

Serta tetap menjaga kelestarian alam habitat Yaki di sekitar Gunung Payung.

Sementara itu, juga dilakukan aksi bersih-bersih sampah di base camp Gunung Payung dan sepanjang trek di gunung tersebut. (Ang)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved