Berita Minsel

Ketua LAKI Minsel Hani Pantow Minta Polres dan Kejari Tegas Usut Penyalahgunaan Dandes

Tahun 2019 jumlah dana desa (dandes) yang diterima Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebesar Rp 137 miliar

Ketua LAKI Minsel Hani Pantow Minta Polres dan Kejari Tegas Usut Penyalahgunaan Dandes
Tribun manado / Andrew Pattymahu
Proyek dari Dana Desa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tahun 2019 jumlah dana desa (dandes) yang diterima Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebesar Rp 137 miliar. Jika dibanding tahun 2018, kabupaten ini 'hanya' menerima Rp 120 miliar.

Dandes dinilai memberikan banyak manfaat bagi warga di 167 desa se-Minsel. Warga bisa menikmati fasilitas jalan desa, perbaikan drainase, pengembangan sumber daya desa hingga beragam manfaat lainnya.

Namun dibalik penggunaan dandes pada setiap desa, masih menyisahkan pengelolaan yang belum transparan. Apalagi untuk per desa, dalam satu tahun anggaran, bisa menerima dandes antara Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar lebih.

Hal inilah yang disoroti Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Cabang Minsel, Hani Pantow. Menurut dia keterbukaan penggunaan dandes masih sangat kurang.

Wanita Ini Raih Nilai Tertinggi Passing Grade CAT CPNS Bolmong

Dia mendesak supaya pihak Polres dan Kejari Minsel mengusut setiap laporan dari masyarakat terkait dandes. Karena sepengetahuannya hanya dua desa saja yang hukumtuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Tapi sampai saat ini baik Polres maupun Kejari Minsel belum memberikan keterangan terkait desa mana yang aparatnya sudah menyalahi dandes. Namun kata Pantow pihaknya menghormati hal itu.

"Kami minta di tahun 2020, polisi dan Kejari Minsel lebih tegss lagi membongkar penyalagunaan dandes," ujar dia Minggu (23/2/2020).

BREAKING NEWS: Terekam CCTV, Seorang Pria Rampok Indomaret Pakai Golok

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minsel melalui Sekretaris PMD Altin Sualang mengingatkan demi menjamin transparansi pengelolaan dandes meminta kepada hukum tua agar mengumumkan penggunaan anggaran melalui baliho.

 Maksud dan tujuan anggaran diumumkan melalui baliho agar masyarakat bisa mengetahui pos-pos dana apa saja yang digunakan untuk pembangunan desa.

 Selain itu kalau perlu juga perangkat desa atau hukum tua bisa mengumumkan melalui media cetak maupun elektronik.

Comforta Raih Top Brand Award 6 Kali Berturut-turut

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved