Solusi Smart City di Kota Tomohon, CEO Raditya: Qlue Bangga Membantu Wujudkan Kota Pintar

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Qlue menyatakan turut bangga bisa berkontribusi untuk wujudkan smart city di kota tersebut.

Solusi Smart City di Kota Tomohon, CEO Raditya: Qlue Bangga Membantu Wujudkan Kota Pintar
Istimewa
Suasana¬†command center di Kota Tomohon Command center ini dilengkapi dengan QlueDashboard, yang mengintegrasikan seluruh data yang diambil melalui aplikasi pelaporan masyarakat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Secara resmi PT Qlue Performa Indonesia (Qlue) hadir dengan berbagai solusi teknologi smart city di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Qlue menyatakan turut bangga bisa berkontribusi untuk wujudkan smart city di kota tersebut.

"Qlue bangga membantu Kota Tomohon dalam mewujudkan kota pintar dengan berbagai solusi smart city yang komprehensif," kata Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue, Kamis (20/02/2020).

Lanjutnya, dengan memanfaatkan ponsel pintar, warga Tomohon dapat melaporkan berbagai masalah di lingkungan dan sosial menggunakan QlueApp.

"Warga Tomohon dapat memonitor status laporan di dalam aplikasi, mulai dari menunggu, proses, hingga selesai," tambah Raman

Pendiri Qlue menyatakan, melalui fitur geotracking, laporan warga langsung masuk ke dalam QlueDashboard agar masalah dapat langsung dipetakan, dan ditindaklanjuti.

“Data Biro Pusat Statistik Kota Tomohon menunjukkan sekitar 84 persen penduduk kota ini menggunakan ponsel, di mana 57 persen dari jumlah tersebut memiliki akses ke internet," jelasnya.

Rama mengharapkan, penduduk Kota Tomohon dapat memanfaatkan berbagai teknologi dan inovasi Qlue dalam layanan publik yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Solusi teknologi dari Qlue akan membantu Pemerintah Kota Tomohon untuk merespon berbagai masalah kota dengan cepat dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup warga,” ujar CEO Qlue itu.

Selain hal tersebut, Qlue juga mengembangkan sensor dan analisis video yang secara otomatis dapat mendeteksi wajah.

Lanjutnya, mengklasifikasi dan menghitung jumlah mobil, plat nomor, jumlah orang serta kemampuan lainnya yang disematkan di CCTV dan lampu pengatur lalu lintas.

"Solusi Qlue ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan, mengurai kemacetan dan peringatan secara otomatis bagi pelaku parkir liar melalui teknologi AI dan IoT," ungkapnya.

“Sebagai perusahaan yang menyediakan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, Qlue akan terus melakukan inovasi di berbagai kota di Indonesia untuk mempercepat perubahan positif dan mewujudkan Indonesia smart nation," ujar Rama

Pungkasnya, saat ini Qlue telah hadir di lebih dari 43 wilayah dan lebih dari 50 institusi lintas industri, mulai dari pemerintah daerah dan pusat, properti atau kota satelit, keamanan, konstruksi, bantuan pasca bencana dan lain-lain. (Ang)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved