Berita Mitra

Distanak Mitra Fokus Tangkap Hewan Liar, Berantas Rabies

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pertanian dan Peterkanak (Distanak), mengencarkan penertiban atau penangkapan hewan liar

Distanak Mitra Fokus Tangkap Hewan Liar, Berantas Rabies
GRAFIS TRIBUNMANADO
Berantas rabies 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pertanian dan Peterkanak (Distanak), mengencarkan penertiban atau penangkapan hewan liar.

Program ini menindak lanjuti instruksi Bupati Mitra James Sumendap SH, untuk mewujudkan kabupaten bebas rabies.

Kepala Dinas (Kadis) Fero Worang saat dikonfirmasi Kamis (20/2/2020) mengatakan, tahun berjalan ini mereka bakal menyisir bersama tim khusus untuk mengatasi hewan liar yang berpotensi rabies.

David Lalandos: Awal Maret Batas Waktu Pemasukan LHKPN Pejabat

"Ini merupakan instruksi dari program Bupati untuk menjadikan kabupaten Mitra bebas dari hewan rabies. Nantinya bakal ada tim yang dibentuk, khusus untuk menangani hewan rabies tersebut,"ujar Kadistanak Fero Worang.

Ia menjelaskan, terkait penangkapan hewan liar ini, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 Tahun 2016. Olehnya masyarakat harus menaati peraturan yang telah dibuat.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat Mitra, agar memperhatikan hewan peliharaan mereka. Bila sudah ada potensi terkena rabies, hewan tersebut harus diamankan dan dikandangkan.

PLN Suluttenggo Mohon Maaf, Gangguan Kapal Genset Sebabkan Pemadaman di Minahasa hingga Gorontalo

"Nantinya, jika kedapatan ada hewan peliharaan berisiko rabies yang bebas berkeliaran di jalanan, pemilik hewan tersebut akan dikenakkan sanksi dan denda berdasarkan Perda yang berlaku," kata Worang.

Diketahui, para tim khusus yang akan turun menangani masalah ini. Dinas tersebut, bakal melibatkan pihak kepolisian demi keamanan nantinya.

"Ini perlu menjadi perhatian dan harus ada kerjasama dari masyarakat juga. Nantinya jika ada hewan peliharaan yang belum di vaksin rabies, tim kami juga siap dengan peralatan vaksin serta obatnya untuk menghindari penularan penyakit rabies," jelas Worang. (Ano)

Kisah Seorang Tukang Bakso Ditanya Kapolres, Kakinya Dicium Siswa SPN, Peserta lain Terharu

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved