Breaking News:

733 Koperasi di Minahasa Terancam Dibekukan, Ternyata Mereka Belum Melakukan Hal Ini

“Sampai saat ini memang baru 410 yang datang melapor yang lainnya mungkin akan menyusul,” ucap Lontaan.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Maickel_Karundeng
andreas ruaw/tribun manado
733 Koperasi di Minahasa Terancam Dibekukan, Ternyata Mereka Belum Melakukan Hal Ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Minahasa, Maudy N Lontaan, berkata pihaknya akan bertindak tegas kepada koperasi-koperasi yang belum melakukan pendaftaran kembali atau mengupgrade ulang terkait legalitas dan pengelolaan koperasi tahun 2019.

Diketahui, dari total 1.143 Koperasi di Kabupaten Minahasa ternyata masih ada 733 koperasi diketahui belum melakukan pendaftaran kembali, sehingga koperasi tersebut terancam dibekukan jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak mengupgrade kembali.

“Sampai saat ini memang baru 410 yang datang melapor yang lainnya mungkin akan menyusul,” ucap Lontaan.

Menurutnya, pihak dinas masih memberikan tenggang waktu sampai 27 Februari untuk melakukan pendaftaran kembali, apabila sampai batas waktu yang sudah di tentukan, belum juga melaporkan, maka akan diberikan sanksi tegas.

“Mekanisme sebetulnya tidaklah rumit, berbagai koperasi ini hanya mengisi formulir kemudian memberikan laporan keuangan,” tuturnya.

Mantan kadis Perhubungan ini mengungkapkan bahwa ada tiga jenis sanksi yang akan di berikan bagi koperasi,yaitu teguran ringan,serta teguran berat, jika tidak dilaksanakan sampai batas waktu yang ditentukan maka Koperasi tersebut terancam akan segera dibekukan.

“Jadi misalnya koperasi tersebut sudah tidak melakukan rapat anggota namun masih beraktifitas, itu diangap sudah tidak aktif, kemudian keberadaan badan hukum koperasi,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat apabila ada yang menemukan koperasi diminahasa terkait pengelolaan yang tidak jelas silakan melaporkan ke dinas Koperasi untuk ditinjau kembali.

“Pastinya segera daftar kembali, silahkan warga sampaikan jika ada temuan tentunya akan segera kami tindak lanjuti,” pungkasnya. 

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved