Bea Cukai Sulbagtara Bertekad Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi

Kepala Kanwil BC Sulbagtara Dr Cerah Bangun SH MH mengatakan, hal itu menjadi tekad mewujudkan reformasi birokrasi.

fernando lumowa/tribun manado
Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Cerah Bangun (kiri) berbicara dalam Survei Penilaian WBK BC Sulbagtara 2020 di Gedung Keuangan Negara Jalan Bethesda, Manado, Selasa (19/02/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Kanwil BC Sulbagtara) bertekad mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Kanwil BC Sulbagtara Dr Cerah Bangun SH MH mengatakan, hal itu menjadi tekad mewujudkan reformasi birokrasi.

"Kami sadar, upaya menuju WBK dan WBBM tidak mudah tapi kami terus menuju ke sana," kata Cerah dalam Survei Penilaian WBK BC Sulbagtara 2020 di Gedung Keuangan Negara Jalan Bethesda, Manado, Selasa (19/02/2020).

Ia bilang, BC Sulbagtara tak memberi toleransi pada praktek suap, pungutan liar dan praktek lain sejenis yang menghambat WBK. "Kita sikat pungli, suap, percaloan dan sejenisnya demi memberi pelayanan bersih," ujarnya.

Pihaknya bangga karena Kanwil Sulbagtara dinobatkan sebagai satker BC pengelola kinerja terbaik. Selain itu, pengelolaan keuangan BC Kanwil Sulbagtara berada di urutan delapan dari seratusan lebih satker di Indonesia.

"Semua pencapaian itu tidak ada artinya ketika masih ada hambatan dalam mewujudkan WBK dan reformasi birokrasi," katanya.

Terkait survei, ia bilang itu penting demi membantu pihaknya mengetahui apa saja yang harus dibenahi terkait pelayanan kepada mitra kerja dan mitra yang dilayani.

"Kami minta peserta survei ini menjawab apa adanya," katanya.

Sementara, Abdul Rahman dari Direktorat Kepatuhan Internal Bea Cukai Kantor Pusat menjelaskan, survei terbagi dua jenis, survei koordinasi dan survei pelayanan publik.

Abdul bilang, baru ada 37 satker BC yang menerima predikat WBK dan satu satker penerima WBBM, yakni Kantor BC Kediri. "Tahun ini kita ditargetkan bisa mendapatkan sedikitnya 73 satker yang WBK dan WBBM," ujarnya.

Katanya, WBK/WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kerja.

Adapun peserta survei ialah perwakilan BI Sulut, Dinas Perindag, kepolisian, Ombudsman, pihak kampus, Kanwil DJP Suluttenggomalut, Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kanwil DJPb Sulut, KPKNL Manado dan BDK Manado.

Lalu, Balai Karantina Pertanian, BKIPM Manado, Kejati Sulut, Kejari Manado, perwakilan media dan mitra perusahaan yang selama ini berurusan dengan BC.(ndo)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved