Berita Boltim

Inilah Maskot Pilkada Boltim 2020, Si Bolang dan Si Awang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) launching pemilihan bupati dan walil Bupati Boltim dengan pekenalkan maskot Pilkada 220 dari KPU Boltim

Inilah Maskot Pilkada Boltim 2020, Si Bolang dan Si Awang
Tribun manado / Siti Nurjanah
Launching Maskot Pilkada Boltim 2020 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) launching pemilihan bupati dan walil Bupati Boltim dengan pekenalkan maskot Pilkada 220 dari KPU Boltim.

Si Bolang dan Si Awang sebagai maskot Pikada Boltim 2020.

Launching yang dihadiri oleh masyarakat Boltim, Komisioner KPU RI, Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewoh bersama para Komisioner KPU Provinsi Sulut, para Ketua KPU dan Komisioner kabupaten/kota se-Sulut, Bawaslu Boltim, Asisten I Pemkab Boltim Priamos dan Kaban Kesbangpol Boltim Udel Simbala itu digelar di Taman Pondabo, Tutuyan, Selasa (18/2/2020).

Komisioner Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Boltim Terry F Suoth mengatakan alasan pemilihan maskot tersebut karena agar lebih familiar di mata masyarakat.

KPU Boltim Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Perkenalkan Maskot Pilkada 2020

Ia menjelaskan, Bolang dan Awang adalah satu kesatuan dalam bahasa Mongondow yaitu Bolangawang atau cengkih yang diplesetkan jadi dua yaitu Bolang dan Awang.

“Jadi hal itu bertujuan supaya akrab di masyarakat, supaya juga agar lebih mudah disosialisasikan,” ucapnya.

Menurutnya, karakter tersebut dipakai menggunakan baju adat Bolaang Mongondow.

4 Tahun Memimpin Bolsel, Bupati Iskandar Kamaru Beber Sejumlah Pencapaian

“Jadi karakter Si Bolang dan Si Awang menggunakan pakaian adat Bolaang Mongondow , selain itu ada beberapa makna pada maskot itu,” ucapnya.

Ia menejelaskan, warna cokelat pada karakter itu menggambarkan warna cengkih yang sudah kering dan senyuman pada karakter menggambarkan pelayanan KPU yang ramah kepada masyarakat Boltim.

“Selanjutnya tangan kanan itu memegang paku dengan jari kelingking yang sudah berwarna tinta, hal itu bermakna mengajak masyarakt Boltim agar berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur di Boltim,” ucapnya.

PDIP Resmi Usung OD-SK di Pilgub 2020, Besok Terima SK DPP

Lanjutnya, sementara itu, tangan kiri itu memegang kertas dengan keterangan bahwa waktu pemilihan di Boltim itu pada tanggal 23 September tahun 2020.

“Terus ada lagi, Hamose atau kalung yang digunakan si Awang itu kita menggambarkan karakter, kalung yang ber warna merah muda yang memiliki tujuh titik hitam yang mengartikan tujuh kecamatan yang ada di Boltim serta lima gantungan yang mengartikan lima komisioner dengan 23 titik kuning yang mengartikan tanggal 23 September, nah itu diskripsi maskotnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Irot mengatakan, dengan launching pemilihan bupati dan wakil bupati Boltim berarti dimulainya seluruh tahapan KPU.

"Pelaksanan Pilkada 2020, KPU Boltim selalu terbuka, apabila ada maikan dari masyarakat dipersilakan," ujarnya. (ana)

Wanita Ini Meninggal Usai Melahirkan Operasi Sesar, Suami Sempat Panggil Perawat: Katanya Itu Biasa

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved