Lifestyle

Jadi Pemimpin Sukses? Perhatikan Hal Penting yang Harus Dimiliki

Hubungan antara optimisme dan efektivitas pemimpin tidaklah langsung, sedikit rumit, dan melibatkan kedua pihak, baik pemimpin dan anggota tim

Jadi Pemimpin Sukses? Perhatikan Hal Penting yang Harus Dimiliki
vadimguzhva
Ilustrasi pemimpin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sikap optimis adalah faktor pendukung kesuksesan seorang pemimpin.

Pemimpin yang memiliki sikap oprimis untuk berhasil bukanlah hal yang aneh.

Tentu saja, tak ada yang mau mengikuti pemimpin yang pesimistis  bukan?

Tetapi rupanya hubungan antara optimisme dan efektivitas pemimpin tidaklah langsung, sedikit rumit, dan melibatkan kedua pihak, baik pemimpin dan anggota tim.

Sarjana kepemimpinan, Martin Chemers, berpendapat bahwa pemimpin yang efektif perlu memiliki kombinasi optimisme - sikap "bisa melakukan" - dan kepercayaan diri pada kemampuan kepemimpinan mereka sendiri - suatu campuran yang ia sebut sebagai "semangat."

Chemers menambahkan, bahwa bagi para pemimpin, sebagian besar keberanian adalah mengingatkan dirimu sendiri tentang kompetensimu dan mengingatkan anak buah tentang kompetensi mereka.

Dalam sebuah studi tentang taruna militer, yang dilakukan oleh Chemers dan rekan-rekannya, ditemukan bahwa taruna militer AS dinilai memiliki potensi lebih tinggi pada kepemimpinan jika mereka memiliki optimisme.

Namun, optimisme itu sendiri tidak memprediksi peringkat kinerja kepemimpinan para taruna.

Jadi, tampaknya optimisme membantu seseorang terlihat seperti pemimpin yang baik, tetapi mungkin tidak secara langsung memengaruhi kinerja.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh para sarjana kepemimpinan Belanda, Annebel De Hoogh dan Deanne Den Hartog, ditemukan bahwa para pemimpin bisnis yang lebih baik, didefinisikan sebagai para pemimpin yang lebih mementingkan tanggung jawab sosial, yang selanjutnya berefek pada meningkatnya optimisme para pengikutnya.

Halaman
12
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved